Tanpa minum obat! Begini cara alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Bosscha.id. Tekanan darah menjadi pemicu penyakit jantung dan lainnya. Ini cara turunkan tekanan darah tinggi tanpa mengkonsumsi obat.

Tekanan darah tinggi, kasus kesegaran yang generik dikeluhkan banyak orang di semua dunia.

Baca Juga: Jenis Mata Uang Digital Yang Ada Di Indonesia

Darah tinggi alias hipertensi tidak boleh diakui sepele. Gara-gara, gangguan kesegaran ini menyebabkan penyakit stroke, jantung, dan lainnya.

Mengutip berasal dari web site Mayo Clinic, tekanan darah tinggi dipengaruhi oleh gaya hidup.

Alih-Alih tetap mengkonsumsi obat penurun tekanan darah, Kamu bisa mempengaruhi gaya hidup sehingga tekanan darah turun dan terkontrol.

Berikut 10 gaya hidup yang bisa menunjang mengontrol dan turunkan tekanan darah.

1. Menurunkan berat badan

Tekanan darah meningkat bersamaan dengan naiknya berat badan. Tak sekedar itu, keunggulan berat badan bisa memicu gangguan pernafasan waktu tidur yang pada akhirnya meningkatkn tekanan darah.

Turunkan berat dan jadi salah satu cara yang efektif untuk mengontrol tekanan darah.

Tak sekedar turunkan berat badan, Kamu juga wajib menyimak lingkar pinggang.

Lingkar pinggang yang besar bisa naikkan risiko tekanan darah.

Ini ukuran pinggang laki-laki dan perempuan yang berisiko terkena tekanan darah tinggi:

Laki-Laki yang punyai lingkar pinggang lebih besar berasal dari 102 Cm

Perempuan yang punya lingkar pinggang lebih besar berasal dari 89 Cm

2. Olahraga teratur

Kesibukan fisik secara teratur, misalnya olahraga 150 menit per minggu bisa turunkan tekanan darah lebih kurang 5-9 mm Hg.

Jika Kamu penderita darah tinggi sebaiknya rutin olahraga. Karena, bila yidak tetap olahraga bisa menambah tekanan darah.

Lebih dari satu tipe olahraga yang baik untuk turunkan tekanan darah adalah jogging, bersepeda, berenang, menari, dan aerobik.

3. Konsumsi makanan sehat

Biji-Bijian, buah-buhan, sayuran, dan product susu rendah lemak baik dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi.

Dikarenakan makanan itu bisa turunkan tekanan darah hingga 11 mmhg dan kandungan kolesterol dursila.

Kamu sebaiknya konsumsi makanan yang mempunyai kandungan potasium dan kalium. Karena, kedua mineral itu berfungsi turunkan tekanan darah.

Memang tidak gampang untuk mengubah pola makan. Kamu bisa membawa dampak buku harian, menuliskan menu makanan yang dikonsumsi selama seminggu.

4. Kurangi natrium

Natrium menjadi salah satu biang kerok naiknya tekanan darah. Kurangi mengonsumsi natrium didalam makanan bisa tingkatkan kebugaran jantung dan juga turunkan tekanan darah kira-kira 5-6 mmhg.

Secara generik, seseorang boleh mengkonsumsi natrium tidak lebih berasal dari 2.300 mg per hari. Tapi, asupan natrium yang lebih rendah lebih kurang 1.500 mg per hari atau tidak cukup terlalu ideal untuk orang dewasa.

5. Batasi konsumsi alkohol

Alkohol bisa memberi tambahan efek baik dan buruk untuk kesegaran.

Minum segelas alkohol untuk perempuan dan dua gelas untuk laki-laki bisa mendukung turunkan tekanan  darah kurang lebih 4 mmhg.

Namun, pengaruh pemberian ini akan hilang bila Kamu minum alkohol sangat banyak.

6. Berhenti merokok

Tiap-tiap batang rokok yang Kamu hisap bisa menaikkan tekanan darah selama sebagian menit, sesudah selesai.

Berhenti merokok bisa menyebabkan tekanan darah lagi normal. Dan, berhenti merokok bisa kurangi risiko penyakit jantung dan tingkatkan kebugaran secara total.

Orang yang berhenti merokok bisa saja bisa hidup lebih lama daripada orang yang tidak dulu berhenti merokok.

7. Kurangi kafein

Kafein bisa menambah tekanan darah hingga 10 mmhg pada orang yang sporadis mengonsumsinya.

Tetapi, seseorang yang minum kopi secara teratur bisa saja mengalami sedikit atau tidak ada dampak pada tekanan darah mereka.

Walaupun dampak jangka panjang kafein padatekanan darah tidak mengetahui, ada barangkali tekanan darah sedikit meningkat.

Untuk menonton apakah kafein menambah tekanan darah, Kamu periksa tekanan darah didalam pas 30 menit sesudah minum kafein.

Jika tekanan darah naik lebih kurang 5-10 mm Hg, Kamu kemungkinan sensitif pada pengaruh peningkatan tekanan darah berasal dari kafein.

8. Mengelola stres

Stres kronis bisa membawa dampak tekanan darah tinggi. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan pengaruh stres kronis pada tekanan darah.

Stres sesekali juga bisa membawa dampak tekanan darah tinggi, jika Kamu melepaskan stres dengan mengonsumsi makanan tidak sehat, minuman beralkohol, dan merokok.

Kamu sebaiknya meluangkan sementara untuk memikirkan penyebab stres.

Ada baiknya Kamu melepaskan stres dengan cara yang lebih sehat layaknya melaksanakan kegiatan yang disukai.

9. Pantau tekanan darah

Kamu sebaiknya cek tekanan darah secara teratur. Hal ini vital untuk memastikan perubahan gaya hidup yang Kamu laksanakan sudah berhasil.

10. Dukungan orang sekitar

Keluarga dan teman yang menopang bisa menolong tingkatkan kebugaran dengan mengajak olahrga dengan dan juga menghindari mengkonsumsi makanan dan minuman pemicu naiknya tekanan darah.

Baca Juga: Manfaat Tanaman Patah Tulang Sebagai Obat Herbal

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.