Tanda Penyakit Diabetes Jika Dilihat Dari Kondisi Mata & Kaki

 

Bosscha.id. – Hallo Sahabat Sehat Bosscha.  Tanda-tanda penyakit diabetes melitus atau penyakit gula bisa dilihat berasal dari mata dan kaki. Tapi banyak orang mengabaikan atau tidak paham karakteristik-karakteristik diabetes, supaya terlambat mendeteksi dan mengobatinya.

Diabetes terkadang tak disadari kehadirannya, padahal, ada banyak karakteristik-karakteristik diabetes yang muncul di sebagian tempat tubuh. Layaknya di mata dan di kaki juga bisa tunjukkan karakteristik-karakteristik diabetes.

Diinformasikan Kompas.Com (9/3/2022), diabetes melitus adalah penyakit gangguan metabolisme menahun implikasi organ pankreas yang tidak memproduksi insulin secara memadai atau tidak sanggup memakai insulin yang telah diproduksi secara efektif. Insulin sendiri adalah hormon yang mengatur ekuilibrium persentase gula darah.

Menjadi ketika seseorang mengalami gangguan pada pankreas dan insulinnya, maka tubuhnya akan terbebani dengan kandungan gula darah yang amat tinggi atau disebut hiperglikemia. Kandungan gula darah tinggi bisa merusak organ-organ tubuh.
Apalagi, mampu sebabkan komplikasi serius sampai kematian. Sesudah itu, apa saja karakteristik-karakteristik diabetes yang bisa kami cermati?

Baca Juga : Punya Masalah Bau Mulut saat Puasa? Ini Tips Cara Mencegahnya

Ciri-ciri pradiabetes di kaki

Sebelum jadi diabetes, tubuh akan mengalami terlebih dahulu fase pradiabetes. Diinformasikan Kompas.Com, pradiabetes adalah situasi di mana gula di dalam darah telah melebihi ambang normal, tetapi belum terlampau tinggi untuk dikategorikan sebagai diabetes.

Jika tak langsung ditangani, maka pradiabetes atau biasa disebut pula dengan prediabetes ini bisa berkembang jadi diabetes. Pradiabetes sendiri biasanya udah membawa rusaknya saraf di kira-kira kaki.
Dikutip berasal dari Newswise, ilmuwan berasal dari University of Michigan Health System sudah mempelajari rusaknya saraf gampang yang biasanya berlangsung pada kaki ini.

Berikut beberapa ciri-ciri kerusakan saraf di kaki akibat diabetes dan pradiabetes:

  • Adanya sensasi geli seperti digelitik.
  • Muncul sensasi panas terbakar.
  • Sensasi kesemutan yang sering terjadi.
  • Sensasi kebas atau mati rasa, di mana kaki kehilangan kepekaannya.

James Russel, M.D, profesor saraf berasal dari Universitas Michigan memastikan bahwa jika kaki kerap terdera kebas dan sensasi geli, maka hampir bisa dipastikan bahwa itu adalah fase pradiabetes. Sedangkan sensasi kebas, adalah yang biasanya memunculkan luka terbuka tanpa disadari.

Ciri-ciri diabetes pada mata

Dilansir dari WebMD, kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi juga bisa mempengaruhi mata. Berikut ciri-ciri diabetes yang biasa muncul pada mata:

  • Pandangan kabur atau ganda
  • Katarak
  • Glaukoma
  • Retinopathy

Ketika kandungan gula darah amat tinggi, maka lensa mata bisa membengkak. Hal inilah yang menyebabkan pandangan terasa kabur atau jadi ganda. Sedangkan katarak, lebih ringan muncul di tubuh seseorang yang mengidap diabetes. Begitu juga glaukoma.

Selain lebih awal muncul, katarak pada penderita diabetes juga biasanya lebih mudah memburuk. Sedangkan glaukoma karena diabetes, biasanya bisa memunculkan ciri-ciri khas seperti:

  • Sakit kepala
  • Nyeri pada mata
  • Pandangan kabur
  • Mata lebih sering berair
  • Ada lingkaran halo di sekitar cahaya
  • Kehilangan kemampuan melihat

Tak sekedar gangguan penyakit di atas, gula darah tinggi juga bisa membawa dampak diabetic retinopathy yang bisa berisiko fatal layaknya kehilangan kemampuan saksikan keseluruhan.

Itulah sejumlah karakteristik-karakteristik dan tanda-tanca diabetes yang bisa dilihat di bagian kaki dan mata. Jika Kamu mengalami karakteristik-karakteristik diabetes di atas, langsung hubungi dokter.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.