Selain Merawat Kesehatan Bagi Organ Kewanitaan, Ada Manfaat lain Dari Daun Sirih Merah

Bosscha.id Hallo Sahabat Sehat Bosscha. Daun sirih merah populer didalam dunia pengobatan alternatif. Ini faedah daun sirih merah untuk kebugaran, salah satunya merawat organ kewanitaan.

Daun sirih merah masuk di dalam jajaran Flora Obat Keluarga (Toga). Menjadi, jangan heran bila banyak orang yang menanam daun sirih merah di halaman rumahnya.

Baca Juga : Baik atau Buruk Frozen Yogurt untuk Kesehatan Penderita Diabetes?

Daun sirih merah populer di dunia pengobatan herbal semenjak dahulu sementara. Mengutip berasal dari buku Daun Ajaib Tumpas Penyakit, karya Lina Mardiana penduduk Keraton Yogyakarta memakai daun sirih merah secara turun temurun untuk menyembuhkan sejumlah penyakit.

Untuk Kamu yang belum familiar, daun sirih merah punya daun berbentuk hati dengan rona merah keperakan. Bila disobek, daun sirih merah berlendir dan mengeluarkan aroma wangi.

Batang daun sirih merah berbentuk bulat berwarna hijau keunguan. Daun sirih merah, merupakan flora herbal rambat.

Daun sirih merah diakui ampuh menumpas sejumlah penyakit.

Daun sirih merah mempunyai kandungan alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, karvakol, dan eugenol. Tidak cuman itu, daun sirih merah bersifat antiflamasi, antioksidan, antikanker, dan antiseptik.

Inilah yang sebabkan daun sirih merah kerab dijadikan sebagai obat herbal untuk mengobati sejumlah penyakit.

Manfaat daun sirih merah

Belakangan obat herbal menjadi idola lebih dari satu orang. Dikarenakan, obat herbal dipercaya lebih kondusif dan minim pengaruh samping.

Memiliki kandungan lumayan banyak senyawa aktif, daun sirih merah diklaim sebagai flora herbal yang bisa menyembuhkan sejumlah penyakit.

Berikut faedah daun sirih sebagai obat herbal yang bisa menyembuhkan sejumlah penyakit.

1. Batuk

Melansir berasal dari Kompas.Com, daun sirih merah efektif mengobati batuk. Untuk merasakan manfaatnya, Kamu harus siapkan 10 lembar daun sirih merah segar yang tidak amat tua.

Kamu rendam daun sirih merah di didalam alkohol 70Prosen selama 30 menit sehingga bakteri mati.

Sesudah itu, Kamu rebus daun sirih merah dengan 4 gelas air dan tambahkan 100 gram gula.

Kamu rebus hingga mendidih dan menyisahkan air satu gelas. Kamu minum ramuan itu satu sendok tiga kali sehari.

2. Sariawan dan gusi berdarah

Mengutip berasal dari Kompas.Com, daun sirih merah juga berguna sebagai obat herbal sariawan dan gusi berdarah.

Untuk memperoleh manfaatnya Kamu lumayan menyiapkan daun sirih merah lima lembar. Kamu cuci daun sirih merah hingga higienis lalu rebus dengan dua gelas air.

Sesudah air rebusan daun sirih merah mendidih dan menyisahkan satu gelas air, Kamu dinginkan. Sesudah itu Kamu gunakan air rebusan daun sirih merah untuk kumur-kumur tiga kali sehari.

3. Obat diabetes

Diabetes, salah satu penyakit yang generik diderita rakyat tanah air. Seseorang yang menderita diabetes wajib langsung diobati supaya penyakitnya tidak semakin parah.

Daun sirih merah berfaedah sebagai obat herbal diabetes. Hal ini disebabkan daun sirih merah memiliki kandungan alkaloid dan flavonoid yang berfungsi turunkan takaran gula darah di dalam tubuh.

Untuk memperoleh manfaatnya Kamu memadai menyiapkan tiga lembar daun sirih merah setengah tua dan daun keenam atau ketujuh berasal dari pucuk.

Kamu iris daun sirih merah tipis-tipis lalu rebus dengan tiga gelas air atau 600 ml. Kamu rebus daun sirih merah hingga mendidih dan menyisahkan air kira-kira 1,5 gelas.

Kamu minum 1/2 gelas air rebusan daun sirih merah tiga kali sehari sesudah makan.

Baca Juga : Hepatitis Akut Menyerang Anak-anak Tak Ada Kaitannya dengan Vaksin Covid-19, Tegas Dokter

4. Obat sakit jantung

Daun sirih merah dipercaya efektif mengobati penyakit jantung. Mengutip berasal dari buku berjudul Sehat Alami dengan Herbal: 250 Flora Berkhasiat Obat, Kamu cuman mesti menyiapkan bahan-bahan berikut ini untuk mengobati penyakit jantung.

Bahan:

  • Daun sirih segar berukuran sedang 3-4 lembar
  • Air 4 gelas atau 800 ml

Kamu cuci higienis daun sirih merah lalu rebus dengan air hingga mendidih dan menyisahkan air dua gelas. Kamu saring air rebusan daun sirih merah.

Kamu minum segelas air rebusan daun sirih merah waktu hangat dua kali sehari sebelum makan.

5. Merawat organ kewanitaan

Semenjak zaman dahulu, daun sirih merah dipercaya efektif mengobati keputihan dan merawat organ kewanitaan. Hal ini disebabkan daun sirih merah bersifat antiseptik.

Bila Kamu ingin mencoba merawat organ kewanitaan, Kamu rebus delapan daun sirih merah tua yang telah dipotong kecil-kecil dengan 800 ml air.

Sehabis mendidih, Kamu dinginkan air rebusan daun sirih merah. Lalu, Kamu gunakan untuk membersihkan organ kewanitaan dua kali sehari.

6. Obat kanker dan tumor

Daun sirih merah bersifat antikanker dan punya kandungan alkaloid yang bisa mencegah perkembangan sel kanker. Hal inilah yang mengakibatkan daun sirih merah dipercaya sanggup menumpas penyakit kanker dan tumor.

Melansir buku berjudul Kitab Tumbuhan Obat, karya Ir. R. Syamsul Hidayat, M.Si., Rodame M. Napitupulu, S.P.,M.M ada dua cara mengolah daun sirih merah sebagai obat herbal kanker dan tumor.

Pertama, daun sirih merah segar direndam di di dalam air selama 30 menit. Sesudah itu dikeringkan selama satu jam. Pas telah kering Kamu simpan daun sirih merah ditempat rapat udara.

Kedua, Kamu rebus daun sirih merah segar dengan dua gelas air. Kamu rebus daun sirih merah hingga mendidih dan menyisahkan air kira-kira satu gelas.

Kamu bagi air rebusan daun sirih merah jadi tiga di dalam ukuran yang serupa. Kamu minum air rebusan daun sirih merah itu tiga kali sehari sebelum makan.

Hanyalah kabar, cara kedua di atas spesifik untuk mengobati penyakit tumor payudara.

7. Radang mata

Daun sirih merah juga efektif meredakan radang mata. Untuk merasakan manfaatnya, Kamu siapkan 4 lembar daun sirih merah agak muda.

Kamu cuci lalu rebus dengan dua gelas air hingga mendidih dan menyisahkan air satu gelas.

Sesudah dingin, Kamu gunakan air itu untuk merendam mata yang sakit.

Mesti Kamu ketahui, ibu menyusui dan perempuan hamil sebaiknya menghindari untuk kenakan daun sirih merah. Sedangkan, untuk anak-anak sebaiknya tidak mengenakan daun dirih merah secara berlebihan.

Opsi lainnya, Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter atau pakar obat herbal sebelum mengenakan daun sirih merah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.