Punya Masalah Bau Mulut saat Puasa? Ini Tips Cara Mencegahnya

Bosscha.idHallo Sahabat Sehat Bosscha. Bau mulut jadi kasus yang kerap dihadapi sementara tengah menjalankan ibadah puasa. Untuk menangani bau mulut saat berpuasa, berikut ini tips yang bisa Kamu coba.

Dokter gigi Fakultas Kedokteran Gigi (Fkg) Ugm, Suryono, menjelaskan jika bau mulut sementara puasa timbul implikasi produksi air liur atau saliva didalam rongga mulut yang berkurang.

Berkurangnya air liur disebabkan oleh kesibukan otot pengunyah yang tidak bekerja dikarenakan tengah berpuasa dimana tidak ada asupan makanan atau minuman untuk dikunyah.

“Ini berpengaruh pada produksi sekresi air ludah jadi turun. Tak hanya itu, pas puasa kan tidak makan menjadikan konvoi otot menurun berakibat pada pembersihan alami residu-residu makanan yang tertinggal di rongga mulut menurun,” terang Suryono layaknya dikutip berasal dari website Ugm.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Ngantuk saat Puasa

Penyebab bau mulut saat puasa

Lebih lanjut Suryono menjelaskan bahwa kurangnya produksi saliva bukan sekedar faktor penyebab bau mulut pas berpuasa.

Bau mulut juga disebabkan oleh standing kebersihan mulut layaknya banyak tidaknya plak maupun karang gigi.

“Bau mulut juga mengindikasikan adanya permasalahan kesegaran mulut, gigi, dan gusi.  Gigi tidak sehat berlubang, maupun mulut kering,” memahami Dekan FKG UGM ini.

Tak sekedar itu, mengkonsumsi makanan berbau tajam atau menyengat layaknya pete, jengkol, dan bawang juga memengaruhi bau mulut.

Merokok juga bisa memicu munculnya bau tidak sedap pada mulut gara-gara persentase tembakau pada rokok.

Manifestasi penyakit sistemik layaknya asam lambung, ginjal, dan diabetes juga menaikkan masalah bau mulut.

Baca Juga: Selain Nangka, Ada beberapa Buah yang Membuat Asam Urat Kumat

Tips mencegah bau mulut saat berpuasa

Suryono beri tambahan lebih dari satu tips terkait cara mempertahankan kebugaran gigi dan mulut dan juga menahan bau mulut waktu berpuasa.

Salah satu caranya adalah dengan rutin menggosok gigi dengan sahih. menyikat gigi mengenakan teknik yang sahih sanggup menghindar residu-residu makanan menyankut pada sela gigi agar tidak menumpuk jadi plak atau karang gigi.

Tidak cuman menyikat gigi, membersihkan lidah juga tidak kalah berarti gara-gara bisa jadi area menempelnya residu makanan.

Sesudah itu, hindari mengonsumsi makanan berbau menyengat dan kurangi rokok dan juga mengonsumsi makanan berserat.

Tips yang paling akhir untuk menghindar bau mulut selagi puasa adalah selalu laksanakan inspeksi dan perawatan gigi rutin ke puskesmas/klinik/dokter gigi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Bosscha.id

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.