Proyek IKN Nusantara, RI Bakal Meniru Konsep dari Kota Sejong Korea Selatan

Bosscha.id Hallo Sahabat Bosscha. Ibu Kota Negara (Ikn) Nusantara akan menerapkan konsep smart city. Didukung infrastruktur yang ramah pejalan kaki, sehat, efisien dengan sediakan layanan keamanan dan kesegaran new smart metropolis yang berbeda dengan kota lain di Indonesia.

Kementerian Pekerjaan Generik dan Perumahan Masyarakat (Pupr) akan menggandeng Korea Selatan sebagai kawan berdiskusi berkenaan pembangunan IKN Nusantara.

Sekretaris Jenderal PUPR Mohammad Zainal Fatah mengungkapkan, Ibu Kota Korea Selatan merupakan salah satu kiblat di dalam konsep smart city Ibu Kota Negara (Ikn).

“Konsep itu mirip dengan planning pembangunan IKN baru di Kalimantan Timur yang juga mengusung smart city. Gara-gara itu, Korea Selatan kini menjadi salah satu partner diskusi untuk pembangunan IKN di Kalimantan timur,” tutur Zainal, Rabu (23/3).

Zainal mengimbuhkan, hal lain yang jadi alasan Korea Selatan dijadikan partner diskusi Ibu Kota Negara di Kalimantan timur, rupanya dikarenakan Korea Selatan juga berpengalaman membangun Ibu Kota Baru yakni Sejong.

Baca Juga: Pemerintah Jadikan Vaksin Booster untuk Syarat Boleh Mudik, Ini Kata Epidemiolog

“Ya menjadi kebetulan Korea Selatan jadi kawan pembangunan kami dan Korea Selatan juga berpengalaman membangun ibu kota baru tak hanya Seoul, pasti kita ingin lihat dia layaknya apa membangunnya.

Maka dia menjadi partner diskusi kami,” ujarnya Zainal menyebut, bahwa Korea Selatan amat menopang upaya pemerintah Indonesia di dalam membangun konsep smart city IKN Nusantara.

Dia mengimbuhkan, diskusi yang dijalankan bersama dengan dengan Korea Selatan adalah upaya untuk mengerti bagaimana proses berasal dari kesuksesan Korea Selatan didalam sebabkan smart city.

Sbelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan, ketertarikan menonton project smart city Korea Selatan di Eco Delta City, Songdo City, dan Sejong City.

Reporter: Lailatul Anisah
Editor: Yudho Winarto

<!–

IBU KOTA BARU

–>

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.