Pentingnya Dana Darurat Dalam Kehidupan

 

Bosscha.id – Pentingnya Dana Darurat Dalam Kehidupan  Anda telah punyai manajemen keuangan yang baik jika Anda memiliki tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang.

Untuk mencapai tujuan itu, tentunya anda juga kudu menetapkan strategi investasi yang tepat. Tetapi tidak peduli seberapa baik kita merencanakan strategi keuangan, ada kejadian tak terduga di tengah perjalanan.

Itu sebabnya kami membutuhkan dana darurat.

Sesuai dengan namanya, dana darurat adalah uang yang disisihkan untuk digunakan semata-mata pada waktu-sementara kritis dan mendesak.

Baca Juga : Read Link Isekai Trip Saki De Tasukete Kureta No Wa Hitogoroshi No Shounen Deshita Manga Español

Dengan menyimpan dana darurat yang memadai, Anda tidak perlu beralih ke hutang kartu kredit, pinjaman keluarga atau menarik investasi jika terjadi kejadian tak terduga yang membutuhkan biaya besar.

Dana Darurat Sebagai Jaring Pengaman

Sebelum melanjutkan, pertimbangkan hal-hal berikut perihal dana darurat yang harus Anda ketahui:

  • Dana darurat disimpan di dalam bentuk instrumen keuangan yang amat likuid, layaknya tabungan, supaya gampang diambil kapan saja
  • Dana darurat tidak digunakan untuk pembelian yang direncanakan, seperti area tinggal, mobil baru, biaya pendidikan, dll.
  • Jumlah dana darurat idealnya harus dihitung dari biaya operasi.
  • Jumlahnya tidak sama untuk semua orang, itu bervariasi tergantung pada gaya hidup Anda.

Dana darurat sebenarnya ditujukan untuk menjadi jaring pengaman, yaitu untuk mencegah rencana keuangan Anda berantakan selama moment kritis.

Situasi darurat yang dimaksud, misalnya, Anda memerlukan perawatan medis yang tidak ditanggung oleh asuransi, Anda atau anggota keluarga mengalami kecelakaan, tiba-tiba harus membeli tiket pesawat, memadai mahal untuk mengunjungi kerabat yang sakit, dan lain-lain.

Di di dalam masalah terburuk, Anda bisa tiba-tiba dipecat berasal berasal dari pekerjaan Anda atau memilih untuk berhenti.

Baca Juga : Link Video The Man Who Saved Me on My Isekai Trip Was a Killer Trailer Viral

Nah, Anda bisa menggunakan dana darurat ini untuk bertahan hidup sambil mencari sumber pendapatan baru. Punya dana darurat akan menenangkan pikiran Anda di tengah liku-liku kehidupan yang tidak pasti.

Berapa jumlah dana darurat yang harus dinaikkan?

Kebutuhan dana darurat seseorang akan berbeda berasal berasal dari situasi ke kondisi. Misalnya, Anda punya keluarga dan Anda punya tiga anak, tentu saja, jumlah dana darurat yang Anda butuhkan akan lebih besar daripada teman anda yang masih lajang.

Lebih berasal dari satu besar ahli keuangan setuju bahwa dana darurat yang terisi penuh kudu berjumlah tiga hingga delapan bulan berasal berasal dari pengeluaran bulanan.

Lebih dari satu pakar keuangan, seperti Dave Ramsey, lebih bahagia menghabiskan tiga hingga enam bulan.
Suze Orman, seorang ahli keuangan dan penulis Amerika, lebih suka menghabiskan delapan bulan untuk persiapan penuh dana darurat.

Apakah Anda Baru Saja Mulai? Siapkan dana darurat secara perlahan

Tidak ada kata terlambat untuk menambah manajemen Anda. Mulailah menyiapkan dana darurat sebanyak yang anda bisa, tak hanyalah berasal berasal dari penghasilan bulanan

Simpan di Akun terpisah berasal berasal dari akun perdagangan. Misalnya, Anda sanggup menyisihkan 10 Persen berasal berasal dari gaji juga tidak menjadi persoalan. Yang berarti konsisten sampai dana darurat terkumpul sepenuhnya.

Tujuan memulai dana darurat berasal berasal dari jumlah kecil adalah untuk membuatnya lebih enteng dijalankan dan didisiplinkan.

Dengan disiplin menyisihkan uang untuk dana darurat, Anda akan terbiasa mengatasi keadaan keuangan yang genting tanpa harus kehilangan kabut. Baca juga tips mengelola gaji lulusan baru.

Dapatkah saya menyimpan dana darurat dalam bentuk investasi?

Ada kemungkinan bahwa anda, yang sudah melek instrumen investasi, tidak tahan menyaksikan uang “Menganggur” dan ingin segera berinvestasi untuk menghasilkan pengembalian.

Anda barangkali ingin menginvestasikan uang itu dalam reksa dana, obligasi, atau lebih-lebih pinjaman peer-to-peer. Apakah bijaksana?

Jika Anda ingin memberi tambahan aset investasi, Anda mesti membedakan anggaran berasal berasal dari dana darurat. Idealnya, dana darurat wajib disimpan di di dalam instrumen keuangan yang sahih-sahih likuid, seperti tabungan.

Dengan begitu, anda bisa mengambilnya kapan saja di selagi yang genting. Sedangkan jika Anda menginvestasikan uang, itu akan memakan waktu beberapa hari untuk mengucurkan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.