Pemkab Cirebon Antisipasi Daerah Rawan Kekeringan

Bosscha.idHallo Sahabat Bosscha. Pemerintah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, memetakan tempat yang rawan kekeringan pada musim kemarau sehingga ringan dilaksanakan penanganan.

“Kita sudah memetakan area yang rawan kekeringan,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cirebon Alex Suheriyawan di Cirebon, Jumat (13/5/2022).

Alex mengatakan musim kemarau memang jadi salah satu perhatian BPBD di dalam penanganan petaka, gara-gara ada lebih dari satu area di Kabupaten Cirebon yang jadi langganan kekeringan.

Untuk itu, kata dia, pihaknya tetap berupaya mempersiapkan penanganan dan berkoordinasi dengan instansi berkenaan yang ada.

Baca Juga: Mengabdi 32 Tahun untuk Bisa Jadi ASN, Cerita Guru Honorer di Kota Cimahi

Menurut dia, ketika kemarau panjang, ada lebih dari satu area yang mengalami krisis air higienis. Tempat-Tempat itu berada di pesisir.

“Kita juga mempersiapkan sumber energi air untuk didistribusikan kepada yang membutuhkan,” ujarnya.

Alex memberi tambahan, tak hanya pemetaan area rawan kekeringan, sumber kekuatan manusia atau SDM juga harus dipersiapkan untuk menghadapi musim kemarau.

Waktu ini di Kabupaten Cirebon masih kerap turun hujan dan lebih-lebih pada sebagian hari lalu sempat berlangsung banjir.

“Waktu ini siaga darurat kekeringan belum diterbitkan, gara-gara masih turun hujan,” katanya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.