Keuntungan dan Kerugian Dari Aplikasi Bank Digital

Bosscha.id  Hallo Sahabat Bosshca, kembali lagi  nich bersama dengan admin yang selalu siap membagikan kabar-kabar menarik kepada kalian seluruh. Pada pembahasan kali ini admin akan mengulas berkenaan Keuntungan dan Kerugian Dari Aplikasi Bank Digital.

Penggunaan bank digital di Indonesia saat ini semakin meningkat. Padahal, itu merupakan bentuk perubahan pola hidup masyarakat melalui digitalisasi.

Perbankan digital merupakan salah satu layanan perbankan tradisional yang selalu ditenagai oleh otomatisasi dan berbadan hukum Indonesia (BHI).

Sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) nomor 12.PJOK.03/2018, disebutkan bahwa layanan perbankan digital merupakan salah satu layanan bagi nasabah bank untuk memperoleh informasi, komunikasi dan pelaksanaan transaksi.

Secara umum, digital banking hadir sebagai salah satu jawaban atas perkembangan teknologi informasi dan gaya hidup masyarakat di tengah digitalisasi. Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan pengelolaan bank digital?

Manfaat menabung di bank digital

Dari definisi yang dijelaskan, jelas bahwa bank digital dapat memeriksa dan memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada nasabahnya.

Para nasabah ini seringkali harus menyempatkan diri untuk pergi ke cabang jika ingin membuat rekening, tentunya nasabah digital banking tidak lagi harus bekerja keras karena semua layanan yang dibuat bank secara online.

Tentu saja, perbankan digital dapat digunakan kapan saja, di mana saja. Karena sebagian layanan perbankan dilakukan secara online, sehingga memudahkan nasabah dalam melakukan aktivitas perbankan. Tidak hanya itu, penggunaan perbankan digital juga dinilai lebih hemat biaya karena hampir semua bentuk layanan disediakan secara online dan mandiri.

Keuntungan besar lainnya adalah minatnya cenderung lebih besar. Bank digital biasanya menawarkan suku bunga tinggi, yaitu hingga 4 persen lebih tinggi dan 1 persen lebih tinggi dari bank konvensional.

Kekurangan perbankan digital

Selain berbagai keuntungan yang ditawarkan, perbankan digital memiliki banyak kekurangan, termasuk jaringan internet.

Ini berarti bahwa jika Anda berada di luar Internet, Anda tidak akan memiliki akses ke aplikasi dan Anda tidak akan dapat menggunakan fungsi perbankan lain yang ditawarkan. Seperti saat ini admin sedang mengulas kelebihan dan kekurangan dari sebuah aplikasi digital banking, semoga artikel ini dapat membantu dan mengurangi rasa penasaran anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.