Kenali Penyebabnya, Darah Tinggi Juga Bisa Menyerang Remaja

Bosscha.id – Hallo Sahabat Bosscha. Darah tinggi banyak dikenal sebagai penyakit yang menyerang orang berusia lanjut, dikarenakan risiko darah tinggi memang semakin meningkat sejalan bertambahnya usia.

Tetapi kenyataannya, masalah darah tinggi pada usia muda, terhitung remaja, ditemukan semakin banyak di penjuru dunia, terhitung Indonesia.

Menurut data, 25,8 % berasal dari keseluruhan persoalan darah tinggi nasional, tidak cukup lebih 5,3 % di antaranya menyerang remaja dengan usia 15-17 th.

WHO memprediksi pada 2025, kira-kira 29 % orang dewasa di semua dunia akan mengidap darah tinggi.

Baca Juga: Ini 4 Jenis Teh Herbal yang Populer dan Miliki Banyak Manfaat! Intip Yuk!

Inilah beberapa penyebab darah tinggi yang kerap menyerang remaja, antara lain:

1. Malas berolahraga

Penyebab darah tinggi yang sering menyerang remaja pertama adalah malas berolahraga. Hal itu gara-gara tanpa berolahraga, pembuluh darah tidak akan sehat.

Saraf-Saraf tubuh menyempit dan pasokan darah baru yang memuat oksigen tidak memadai.

2. Konsumsi alkohol

Penyebab darah tinggi yang sering menyerang remaja kedua adalah konsumsi alkohol.

Konsumsi alkohol sanggup merusak pembuluh darah di semua tubuh, layaknya arteri menuju kepala yang jadi penyebab darah tinggi pada usia muda.

3. Faktor keturunan

Penyebab darah tinggi yang sering menyerang remaja ketiga adalah faktor anak-anak. seorang anak dengan orang tua yang menderita tekanan darah tinggi akan mempunyai risiko mengalami darah tinggi.

Kesamaan itu lebih tinggi dibandingkan dengan anak dengan orangtua yang tidak mempunyai riwayat darah tinggi.

Baca Juga: Ini Makanan yang Menyehatkan Jantung

4. Kebiasaan merokok

Penyebab darah tinggi yang sering menyerang remaja keempat adalah norma merokok. perokok usia muda lebih rentan mengalami hambatan pada pasokan darah higienis di di dalam arteri menuju otak.

Nikotin di dalam rokok mampu melukai dinding pembuluh darah, mencemari darah, dan menahan kinerja jantung ketika memompa darah ke semua tubuh.

5. Stres

Penyebab darah tinggi yang sering menyerang remaja kelima adalah stres. pasalnya, ketika stres hormon-hormon di dalam tubuh akan mengalami perubahan.

Stres juga punyai potensi ancaman pada aspek kesegaran lainnya yang berhubungan, layaknya situasi lemak darah didalam tubuh.

Itulah lebih dari satu penyebab darah tinggi yang sering menyerang remaja dan sebaiknya mulai seakrang terapkan pola hidup sehat, konsumsi makan sehat dan berolahraga secara rutin.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.