Ingin Beli Obligasi Tapi Belum Punya SID? Berikut Ini Langkahnya

Bosscha.id Hallo Sahabat Bosscha. Ingin Beli Obligasi Tapi Belum Punya SID? Berikut Langkahnya – Obligasi merupakan salah satu product investasi di pasar modal yang bisa kamu beli lewat bank atau agen penjual obligasi.

Obligasi juga mampu disebut sebagai surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah atau corporate yang bisa kamu beli untuk jangka pas dengan imbalan bunga.

Menjadi, skema pembelian obligasi mirip dengan teman Kamu yang tengah membutuhkan dana pinjaman sebesar Rp 50 juta.

Lantas dia menawarkan Kamu agunan layaknya sekuritas (Misalnya, sertifikat tempat tinggal) jika Kamu ingin meminjamkan sejumlah dana. Dia berjanji bahwa dana itu akan dikembalikan untuk jangka kala dan bunga tertentu.

Baca Juga : Hati-hati dengan Jebakan Bunga Deposito Yang Tinggi

Jika Kamu ingin mengimbuhkan pinjaman sebesar Rp 50 juta, Kamu memegang sertifikat tempat tinggal sebagai agunan dan juga kandungan bunga ketika ia melunasi utangnya. Yang mana, didalam jangka sementara tertentu ia kudu melunasi utang sebesar Rp 50 juta dan bunga.

Tetapi, supaya tidak berjalan hal-hal yang tidak diinginkan Kamu dan teman Kamu sanggup mengakibatkan obligasi atau kontrak secara sah dengan melibatkan pihak ketiga, yaitu Forum Penjamin obligasi.

Itulah contoh skema pembelian obligasi yang enteng kamu pahami dan pahami sebagai investor pemula.

Nah bagi kamu yang ingin membeli obligasi, Kamu perlu punya SID. Apa itu SID? SID yang merupakan singkatan berasal dari single Investor Identification adalah kode tunggal dan spesifik yang diterbitkan oleh Kustodian Sentral Dampak Indonesia (KSEI) sebagai forum penyimpanan dan penyelesaian.

SID ini bisa diibaratkan sebagai KTP investor di pasar modal. Nomor SID unik akan konsisten inheren pada investor, lebih-lebih jika investor membeli obligasi, reksa dana, atau saham di sebagian corporate sekuritas atau agen penjual.

Satu investor cuman punya satu SID, baik investor domestik maupun asing yang menginvestasikan uangnya di pasar modal Indonesia.

Dengan miliki SID signifikan Kamu sudah formal jadi salah satu investor di Pasar Modal tanpa takut dana investasi Kamu disalahgunakan oleh manajer investasi yang mengelola product obligasi.

Tidak sebatas itu, punya SID juga harus dan merupakan salah satu syarat primer di dalam berinvestasi di Obligasi Ritel Indonesia (ORI) dan Surat Berharga Negara lainnya. Berikut adalah langkah-langkah ringan untuk mendaftar SID:

Mendaftarkan Single Investor Identification (SID) mampu ditunaikan lewat forum keuangan layaknya bank dengan membawa dokumen yang diperlukan layaknya E-Ktp dan Npwp:

  • Kamu sanggup singgah segera ke bank mengenai lewat kantor cabang primer (KCU) atau Kantor Cabang Pembantu (KCP).
  • Setelah itu, Anda dapat mendaftar dengan layanan pelanggan (CS) di bank terkait.
  • Buat identifikasi Investor tunggal (SID) atau akun sub Registry.

Biasanya pendaftaran SID memakan pas sampai 2-3 hari. Calon investor wajib tunggu pemberitahuan email balasan berasal dari bank area Kamu mendaftar, email balasan akan memuat sebutan investor dan nomor SID unik.

Dengan nomor ini Kamu bisa mengakses akses ke portofolio investasi Kamu lewat aplikasi, Internet Banking atau Layanan Mobile Banking. Tak hanya Sid, Kamu juga wajib mengakibatkan akun sekuritas. Rekening Pengaruh bermanfaat sebagai area menyimpan portofolio investasi Kamu (Reksadana, saham, dan obligasi).

SID memastikan dana investor tidak disalahgunakan

Kepemilikan nomor SID atau kartu SID semata-mata difokuskan untuk melindungi dana investor di pasar modal. SID menghambat dana yang diinvestasikan lewat Manajer Investasi sehingga obligasi tidak disalahgunakan untuk hal-hal yang tidak seharusnya.

Dikarenakan dengan platform investasi yang terintegrasi lewat SID akan memudahkan proses identifikasi, monitoring, dan akses data secara konsolidasi dan transparan oleh regulator.

Bagi kamu yang tertarik atau ingin membeli obligasi, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu telah punyai Nomor SID yang mampu diperoleh lewat bank atau Kustodian Sentral Pengaruh Indonesia (Ksei) sebagai syarat untuk lakukan transaksi di pasar modal.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.