Doa Mandi Keramas Sebelum Puasa Ramadhan, Lengkap Bacaan Niat dan Tata Cara Mengerjakannya

Bosscha.idHallo Sahabat Bosscha. Aplikasi ibadah puasa Ramadhan 2022 akan langsung tiba. Sebelum memulai puasa Ramadhan, sebaiknya Kamu tahu doa mandi keramas sebelum Ramadhan.

Organisasi Muhammadiyah udah menetapkan, jika awal Ramadhan 1443 Hijriah akan dimulai pada lepas 2 April 2022 besok. Sebelum memasuki ibadah puasa Ramadhan, biasanya umat muslim akan mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

Mulai berasal dari perlengkapan shalat yang higienis, kebugaran, dan kebersihan diri berasal dari hadats besar maupun kecil. Berikut doa mandi keramas sebelum Ramadhan.

Oleh sebab itu, sebelum lakukan ibadah puasa keesokkan harinya, anda sebagai umat nuslim disarankan lakukan mandi besar atau keramas puasa Ramadhan terlebih dahulu. Kemudian, layaknya apa doa mandi keramas sebelum puasa Ramadhan?

Norma mandi untuk mensucikan diri menjelang puasa Ramadhan memang udah jadi budaya di penduduk muslim. Walaupun tidak punya hukum kudu, tetapi mandi untuk membersihkan diri sebelum menunaikan ibadah Ramadhan tentunya jadi amalan baik yang mendatangkan pahala.

Kemudian, bagaimana tata cara dan bacaan doa mandi keramas sebelum puasa Ramadhan?

Baca Juga: Bacaan Doa Mandi Sebelum Puasa Ramadhan

Mulailah dengan berniat mandi perlu untuk menghilangkan hadats besar. Niat mandi keramas ini yang membedakan mandi mesti dengan mandi biasa. Untuk lebih jelasnya, simak berikut doa mandi keramas sebelum puasa Ramadhan.

Niat Mandi Keramas Sebelum Puasa Ramadhan

“Nawaitu guslal lidhukulissyiami romdhoona hadihisanati sunatallillahi ta’alla”.

Artinya: “Aku berniat mandi sunat bulan Ramadhan sebab Allah Ta’Ala”.

Tata Cara Mandi Keramas Sebelum Puasa Ramadhan

Baca Juga: Doa Niat Puasa Ramadhan dan Buka Puasa Lengkap dengan Bahasa Latin serta Artinya

Berasal dari Aisyah dia berkata: “Apabila Rasulullah SAW mandi sebab junub, maka beliau memulainya dengan membasuh kedua tangan. Beliau menuangkan air dengan tangan kanan ke atas tangan kiri, sesudah itu membasuh kemaluan dan berwudhu dengan wudhu untuk shalat. Lantas beliau menyiram rambut sambil memasukkan jari ke pangkal rambut sampai rata. Sehabis selesai, beliau membasuh kepala sebanyak tiga kali, lalu beliau membasuh semua tubuh dan pada akhirnya membasuh kedua kaki”, (Hr Bukhari dan Muslim).

Tata cara mandi keramas sebelum puasa Ramadhan tidak jauh berbeda dengan mandi-mandi besar yang lainnya, baik yang sunnah maupun yang mesti. Yaitu membasuh semua badan dengan air dengan rata tanpa ada satu pun yang tertinggal.

Berikut ini adalah langkah-langkah mandi sehabis doa keramas puasa Ramadhan selengkapnya:

  • Basuh kedua tangan.
  • Tuangkan air dengan menggunakan tangan kanan ke atas tangan kiri, kemudian basuh kemaluan.
  • Berwudhu seperti tata cara wudhu untuk shalat.
  • Siram rambut sambil memasukkan jari ke pangkal rambut untuk membersihkan rambut dari kotoran hingga merata.
  • Basuh kepala sebanyak tiga kali.
  • Basuh seluruh tubuh.
  • Basuh kedua kaki.

Selagi itu, saat aplikasi mandi keramas puasa Ramadhan sebaiknya dikerjakan pas sore hari, menjelang hari pertama puasa Ramadhan.

Tetapi, bisa juga melaksanakan mandi keramas puasa Ramadhan pada akhir bulan syaban menjelang bulan Ramadhan. Atau pilihan terakhirnya, bisa juga ditunaikan pas malam hari ketika hari ketika subuhnya telah mulai sahur pertama.

Dengan mandi keramas menjelang hari pertama puasa Ramadhan, maka diharapkan suasana badaniah kami akan lebih siap dan terbebas berasal dari segala najis. Dengan begitu, kami bisa memulai puasa dan kegiatan ibadah dengan lebih tenang.

 

Demikian doa, niat dan tata cara mandi keramas sebelum puasa Ramadhan. Semoga berguna Sahabat Bosscha.id!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.