Dirjen Dukcapil Ingatkan Masyarakat untuk Pentingnya Akta Lahir

Bosscha.id – Negara mesti melindungi dan memberi tambahan pengakuan atas standing pribadi dan standing hukum terhitung kepada anak-anak. Memicu akta kelahiran, itu bentuk dukungan dan pengakuan negara pada standing hukum. Anak perihal bukti diri sebutan, daerah dan lepas lahir, siapa orang tuanya dan juga kewarganegaraannya.

Menurut Dirjen Dukcapil Kementerian Di dalam Negeri, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, anak yang tidak mempunyai akta kelahiran tidak cukup terlindungi keberadaannya, jaman depannya, dan sulit membuka pelayanan publik.

Anak pun menjadi rentan tindakan kriminal, di antaranya perdagangan orang dan perkawinan di bawah umur.

Dirjen Dukcapil Ingatkan Penduduk Pentingnya Akta Lahir&Nbsp;


Berdasarkan Pasal 5 dan 27 UU No. 23 Tahunan 2002 terkait Dukungan Anak, tiap-tiap anak berhak atas sebuah sebutan sebagai bukti diri diri dan standing. Kewarganegaraan yang dituangkan didalam akta kelahiran.

“Saya mengajak seluruh pihak peduli akan pentingnya akta kelahiran ini. Ayo para orangtua &Nbsp;Buatkan akta kelahiran anak kami langsung sesudah lahir. Syarat nya lumayan membawa surat keterangan lahir berasal dari tempat tinggal sakit atau bidan. Buat ibu yang melahirkan di tempat tinggal membawa keterangan Rt/Rw setempat,” kata Dirjen Zudan di Jakarta, Kamis (2/9/2021).

Akta kelahiran dibuat di Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota. Unit Pelaksana Tehnis (Upt) Dinas Dukcapil Kecamatan atau desa/kelurahan, dan area lain yang melayani urusan kependudukan dan pencatatan sipil.
Seorang anak tidak kudu dibuatkan akta kelahiran di domisili orang tua, yaitu area si anak didaftarkan sebagai anggota Kk.&Nbsp;

Dukcapil menambahkan pelayanan terintegrasi, pemohon minta satu dokumen bisa bisa tiga lebih-lebih enam dokumen sekalgus.

Untuk pemohon akta lahir, tidak cuman mendapat akta kelahiran anak, sekaligus diberikan KK dan Kartu Bukti diri Anak (Kia). “

Pentingnya Akta Kelahiran

Dirjen Zudan mengaku amat prihatin, karena masih ada beberapa anak Indonesia. Perutama di wilayah timur Indonesia yang identitasnya tidak tercatat di dalam akta kelahiran.

Dengan begitu, secara de jure keberadaan si anak diakui tidak ada. Lebih miris lagi implikasi hukumnya, yakni anak yang lahir itu tidak tercatat julukan, silsilah, dan kewarganegaraannya.

“Semakin banyak anak yang tidak dicatat kelahirannya didalam akta kelahiran. Maka semakin banyak pula anak yang tidak terlindungi keberadaannya,” tukas Dirjen Zudan.

Lebih jauh lagi, Direktur Pencatatan Sipil Handayani Ningrum beri tambahan klarifikasi Dirjen Dukcapil.
Yakni, bila masyarakat tidak miliki surat keterangan kelahiran berasal dari tempat tinggal sakit atau bidan, tidak usah waswas dikarenakan bisa diganti dengan. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (Sptjm).

Baca Juga: Cara Investasi Saham Dengan Volatilitas Yang Rendah

Formulir SPTJM berasal dari Dinas Dukcapil setempat diisi si pemohon untuk menjamin kebenaran data kelahiran sang anak.

SPTJM ditandatangani pemohon berikut dua orang saksi. “Begitu juga jika pemohon tidak miliki buku nikah/kutipan akta perkawinan orang tua sang anak, namun standing interaksi orang tua.

di dalam kartu keluarga (Kk) telah perlihatkan sebagai suami istri, maka pemohon juga bisa menyebabkan. SPTJM atas kebenaran data dengan diketahui dua orang saksi,” kata Ningrum.

Sesudah itu, bagaimana bila sang anak tidak diketahui asal-usul atau keberadaan orang tuanya? Didalam Perpres No. 96 Th 2018 terkait.

Baca Juga: 10 Jenis Mata Uang Kripto Yang Paling Populer Selain Bitcoin

persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Masyarakat dan Pencatatan Sipil, hal yang demikian udah diatur. Akta kelahiran tetap bisa dibuat berdasarkan kabar acara berasal dari kepolisian.

“Apabila kabar acara itu tidak ada, sanggup diganti dengan SPTJM kebenaran data kelahiran.

Anak itu sanggup masuk anggota KK pengurus panti asuhan, atau KK orang lain yang bersedia. Dengan demikian, tidak ada seorang anak yang tidak bisa beroleh akta kelahiran,” kata Ningrum.

Penutup

Terimkasih buat teman seluruh yang sudah singgah ke website kita semoga kabar yang udah di ulas. Di atas bisa berfaedah buat teman seluruh.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.