Cara Untuk Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Tanpa Obat & Bahan Kimia

Bosscha.idHallo Sahabat Bosscha. Ada banyak obat untuk menghilangkan jerawat di paras. Tak hanya dengan obat-obatan, sejumlah bahan alami di tempat tinggal bisa jadi cara untuk menghilangkan jerawat secara alami.

Jerawat adalah penyakit peradangan kronis berasal dari kelenjar pilosebasea yang ditandai dengan adanya komedo, papul, kista, dan pustula. Tidak cuman paras, jerawat bisa tumbuh atau timbul di bagian tubuh lain, layaknya bahu, lengan atas, dada, sampai punggung.

Ketika muncul di paras, jerawat sering kali tak hanyalah bisa menimbulkan rasa sakit atau tidak nyaman, namun juga mampu menciutkan rasa yakin diri.

Tak heran jika pencarian mengenai cara menghilangkan jerawat atau bagaimana mengatasinya jadi banyak diminati. Lebih-lebih jika lakukan penanganan yang salah, jerawat lebih-lebih bisa membawa dampak paras jadi kusam dan apalagi diwarnai noda hitam, terhitung bopeng-bopeng.

Perawatan jerawat secara konvensional bisa dikerjakan, tetapi terkadang mahal dan seringkali mempunyai pengaruh samping yang tidak diinginkan, layaknya kulit kering, kemerahan, dan iritasi.

Hal itu pun sudah mendorong banyak orang untuk melacak cara mengobati jerawat secara alami.

Melansir beragam sumber, berikut ini adalah ragam cara menghilangkan jerawat secara alami yang mampu dicoba dengan bahan tempat tinggal.

1. Oleskan cuka apel

Bahan alami pertama yang bisa digunakan sebagai cara untuk menghilangkan jerawat adalah cuka apel.

Melansir Health Line, cuka apel dibuat dengan cara melumatkan apel dan memeras cairannya.

Sesudah cairan apel didapat, nantinya akan dimasukkan bakteri dan ragi untuk memulai proses fermentasi alkohol. Layaknya tipe cuka lainnya, cuka apel sudah dikenal sebab kemampuannya melawan banyak model bakteri dan virus.

Cuka apel dilaporkan mempunyai kandungan sebagian asam organik yang udah terbukti mampu membunuh bakteri Propionibacterium acnes penyebab jerawat. Secara spesifik, asam suksinat di dalam cuka apel sudah terbukti bisa menekan peradangan yang disebabkan oleh P. acnes dan mampu menghindar munculnya jaringan parut.

Tak sekedar itu, asam laktat udah terbukti sanggup menghilangkan bekas jerawat. Terlebih lagi, cuka sari apel mampu menunjang menekan produksi minyak berlebih yang bisa memicu jerawat.

Baca Juga: Tak Perlu Diet! Ini 3 Aktivitas yang Bisa Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Berikut cara memakai cuka apel untuk menghilangkan jerawat secara alami:

  • Campurkan 1 sendok makan cuka apel dengan 3 sendok air (gunakan lebih banyak air untuk kulit sensitif)
  • Setelah wajah dibersihkan, oleskan campuran cuka apel dan air tersebut ke kulit dengan lembut menggunakan bola kapas
  • Diamkan selama 5-20 detik, bilas dengan air dan keringkan
  • Ulangi proses ini 1-2 kali per hari, sesuai kebutuhan
  • Penting untuk dicatat bahwa mengoleskan cuka apel ke kulit mampu memicu luka bakar dan iritasi, agar perlu selalu digunakan didalam jumlah kecil dan diencerkan dengan air.

2. Oleskan masker madu dan kayu manis

Bahan alami kedua yang bisa digunakan sebagai cara untuk menghilangkan jerawat adalah madu dan kayu manis. Madu dan kayu manis adalah sumber antioksidan yang terlalu baik.

Belajar udah menemukan bahwa menerapkan antioksidan pada kulit lebih efektif didalam kurangi jerawat daripada benzoil peroksida dan retinoid.

Antioksidan yang diteliti adalah vitamin B3, asam lemak linoleat (Omega-6) dan natrium ascorbyl fosfat (Sap), yang merupakan turunan vitamin C.

Antioksidan spesifik ini tidak ditemukan di dalam madu dan kayu manis, tapi ada mungkin bahwa antioksidan lain yang terkandung di didalam dua bahan alami itu punyai pengaruh yang mirip.

Madu dan kayu manis juga mempunyai karakter antibakteri dan sanggup kurangi peradangan, yang merupakan dua faktor yang menyebabkan jerawat.

Meski madu dan kayu manis terbukti mempunyai cii-ciri anti-inflamasi, antioksidan, dan antibakteri yang berguna bagi kulit berjerawat, tetapi memang belum ada penelitian berkaitan kemampuan dua bahan itu didalam mengobati jerawat.

Berikut cara memicu masker madu dan kayu manis untuk menghilangkan jerawat secara alami:

  • Campurkan 2 sendok makan madu dan 1 sendok teh kayu manis bersama untuk membentuk bahan masker
  • Setelah wajah dibersihkan, oleskan masker ke wajah dan biarkan selama 10-15 menit
  • Bilas masker sampai bersih dan tepuk-tepuk wajah Anda sampai kering

3. Oleskan tea tree oil

Bahan alami ketiga yang bisa digunakan sebagai cara untuk menghilangkan jerawat adalah tea tree oil. Tea tree oil atau minyak pohon teh adalah minyak esensial yang diperoleh berasal dari hasil esktraksi daun teh (Melaleuca).

Tea tree oil telah dikenal gara-gara kemampuannya untuk melawan bakteri dan kurangi peradangan kulit. Terlebih lagi, sebagian penelitian memperlihatkan bahwa mengoleskan tea tree oil 5 prosen ke kulit secara efektif mampu kurangi jerawat.

Bila dibandingkan dengan 5 % benzoil peroksida, minyak pohon teh 5 prosen memang tidak bekerja dengan cepat, namun mampu secara penting meninghilangkan jerawat sesudah tiga bulan pemakaian.

Tea tree oil juga miliki dampak samping yang lebih sedikit dibandingkan dengan benzoil peroksida, yang mampu menimbulkan kekeringan, iritasi dan terbakar.

Berikut cara menghilangkan jerawat secara alami dengan tea tree oil:

  • Campurkan 1 sendok minyak pohon teh dengan 9 sendok air
  • Celupkan kapas ke dalam campuran tersebut dan oleskan ke daerah yang mengalami jerawat
  • Oleskan pelembab jika diinginkan
  • Ulangi proses ini 1-2 kali per hari, sesuai kebutuhan

4. Oleskan teh hijau

Bahan alami keempat yang bisa digunakan sebagai cara untuk menghilangkan jerawat adalah teh hijau. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang terlalu tinggi, dan meminumnya mampu tingkatkan kebugaran.

Memang belum ada penelitian yang mengungkap fungsi berasal dari minum teh hijau ketika timbul jerawat, tapi menerapkannya segera ke kulit sudah terbukti bisa menolong.

Hal ini berlangsung mungkin gara-gara flavonoid dan tanin didalam teh hijau diketahui menolong melawan bakteri dan kurangi peradangan, yang merupakan dua penyebab primer jerawat.

Antioksidan primer didalam teh hijau, yakni epigallocatechin-3-gallate (Egcg) sudah terbukti bisa kurangi produksi sebum, melawan peradangan dan menahan perkembangan bakteri P. acnes pada individu dengan kulit yang cenderung berjerawat.

Sebagian penelitian sudah perlihatkan bahwa menerapkan ekstrak teh hijau 2-3 prosen pada kulit secara penting bisa kurangi produksi sebum dan jerawat pada mereka yang berjerawat.
Berikut cara menghilangkan jerawat secara alami dengan teh hijau:

  • Seduh teh hijau dalam air mendidih selama 3-4 menit Biarkan teh menjadi dingin
  • Menggunakan bola kapas, oleskan teh ke kulit atau tuangkan ke dalam botol semprot untuk disemprotkan
  • Biarkan mengering, lalu bilas dengan air dan keringkan
  • Anda juga bisa menambahkan sisa daun teh ke madu dan membuat masker

Walaupun tidak ada bukti bahwa minum teh hijau sanggup melawan jerawat, lebih dari satu penelitian memperlihatkan itu barangkali masih berguna. Sebagai contoh, minum teh hijau udah terbukti turunkan takaran gula darah dan insulin, yang merupakan faktor yang sanggup berkontribusi pada pengembangan jerawat.

5. Oleskan lidah buaya

Bahan alami kelima yang bisa digunakan sebagai cara untuk menghilangkan jerawat adalah lidah buaya. Lidah buaya adalah flora tropis yang daunnya menghasilkan gel bening.

Gel lidah buaya selama ini kerap ditambahkan ke lotion, krim, salep dan sabun. Krim ini biasanya digunakan untuk mengobati lecet, ruam, luka bakar dan suasana kulit lainnya. Ketika diterapkan pada kulit, gel lidah buaya bisa menolong menyembuhkan luka, mengobati luka bakar dan melawan peradangan.

Lidah buaya juga mempunyai kandungan asam salisilat dan sulfur, yang keduanya digunakan secara luas didalam pengobatan jerawat. Sebagian penelitian udah membuktikan bahwa mengoleskan asam salisilat ke kulit mampu secara vital kurangi jerawat. Begitu juga deng penerapan sulfur, udah terbukti mampu jadi pengobatan jerawat yang efektif.

Berikut cara kenakan lidah buaya untuk menghilangkan jerawat secara alami:

  • Kerok gel lidah buaya dengan sendok
  • Oleskan gel secara langsung untuk membersihkan kulit sebagai pelembab
  • Ulangi 1–2 kali per hari, atau disesuaikan keinginan Kamu juga bisa membeli gel lidah buaya berasal dari toko, namun pastikan itu adalah lidah buaya murni tanpa bahan tambahan.

Itulah sejumlah  cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami. Semoga berguna yaa Sahabat Bosscha.id

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.