Cara Mengganti Tanda Tangan di KTP, Ini Kata Dukcapil

 

Bosscha.id Hallo Sahabat Bosscha. Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Didalam Negeri (Dukcapil Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, tanda tangan di Kartu Tanda Rakyat elektronik (Ktp-El) bisa diganti. Penduduk bisa segera mendatangi Dinas Dukcapil setempat untuk memperoleh layanan penggantian tanda tangan itu.

“Untuk ganti tanda tangan tidak ada syarat apapun, segera berkunjung saja ke Dinas Dukcapil atau ke Kecamatan atau area pelayanan pembuatan Ktp-El,” ujar Zudan dikutip laman formal Dukcapil Kemendagri.

Baca Juga :Ide Pemasaran Digital Untuk Fashion Tahun 2022

Dia menjelaskan, perubahan elemen data layaknya tanda tangan bisa dilaksanakan di Disdukcapil mana saja apabila udah SIAK Terpusat. Tetapi, jika masih SIAK Terdistribusi, perubahan itu perlu dijalankan disesuaikan domisili.

Zudan mengatakan, sehabis mampir ke Dinas Dukcapil atau daerah pelayanan pembuatan Ktp-El, warga akan diarahkan untuk jalankan tanda tangan di atas sign in pad untuk mengganti tanda tangan yang baru. Di samping itu, dia mengingatkan, penggantian tanda tangan akan bisa menimbulkan akibat.

“Penggantian tanda tangan mampu menimbulkan akibat dikarenakan akan berbeda dengan apa yang ada di ijazah atau buku tabungan maupun pada asuransi dan lain-lain,” tutur Zudan.

Konsekuensinya ialah pemilik KTP-EL perlu mengubah tanda tangan pada dokumen lain. Misalnya didalam dokumen perbankan dan asuransi supaya tetap mampu nikmati pelayanan yang diberikan.

“Apabila tidak ada urgensi kudu dilaksanakan penggantian tanda tangan, maka tidak harus mengganti tanda tangan pada Ktp-El,” kata Zudan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.