Buat Penderita Diabetes, 4 Tips Berpuasa dengan Aman dan Nyaman

Bosscha.idHallo Sahabat Bosscha. Pola makan yang teratur terlalu signifikan untuk mempertahankan kestabilan gula darah bagi para penderita diabetes.

Tetapi selagi ramadhan, mereka yang harus berpuasa kudu menghambat lapar dan haus berasal dari terbit fajar sampai terbenam matahari.

Lalu, bisakah penderita diabetes laksanakan puasa?

Sebenarnya, berpuasa atau tidak adalah pilihan pribadi. Jika penderita diabetes memilih untuk berpuasa, maka mereka mesti berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukannya.

Orang yang mempunyai kasus medis tertentu dibebaskan untuk tidak berpuasa dan bisa menggantinya dengan fidyah atau berpuasa kembal waktu situasi telah sangat mungkin.

Sesudah seharian perut tidak terisi makanan, takaran gula darah bisa saja turun drastis. Di sisi lain, penderita diabetes terkadang wajib konsumsi obat tertentu layaknya insulin untuk mempertahankan kandungan gulanya.

Baca Juga : IDI Tak Penuhi Undangan DPR RI, Anggota DPR Sebut Ada Oknum yang Nyolong di Forum untuk Memecat

Tips Puasa untuk Diabetes

Jika Kamu yang menderita diabetes ingin berpuasa, berikut tips sehat selama berpuasa:

1. Konsultasi dengan dokter

Pastikan dokter Kamu sadar planning Kamu untuk berpuasa. Puasa pengaruhi gula darah dan tekanan darah Kamu.

Jika Kamu tengah menekuni pengobatan untuk diabetes atau tekanan darah tinggi, dokter Kamu bisa saja wajib laksanakan penyesuaian selama Ramadhan.

Penyesuaian ini perlu ditunaikan di bawah perawatan dokter.

2. Jaga asupan cairan tubuh

Pastikan Kamu minum lumayan cairan selama sahur dan berbuka puasa. Jika cuaca panas selama Ramadhan, cobalah untuk tetap berada di area yang sejuk dan batasi kegiatan fisik Kamu untuk meminimalisir jumlah cairan yang hilang di siang hari.

Baca Juga : Gerd atau Asam Lambung: Inilah Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

3. Periksa gula darah pas berpuasa

Hal paling berbahaya yang bisa berlangsung pada Kamu selagi berpuasa adalah gula darah rendah (Momen hipoglikemik), gula darah tinggi (Moment hiperglikemik), dan kehilangan cairan tubuh.

Pastikan Kamu jelas kandungan gula darah Kamu dengan melaksanakan pengujian. Menguji kandungan gula darah tidak akan membatalkan puasa.

4. Hindari makan berlebihan pas berbuka

Buka puasa biasanya dijadikan banyak orang sebagai ajang untuk makan di dalam porsi besar. Padahal, makan berlebihan usai berpuasa bisa menyebabkan lonjakan gula darah.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.