Bacaan Doa Mandi Sebelum Puasa Ramadhan

Bosscha.idHallo Sahabat Bosscha. Pemerintah udah menetapkan bahwa Ramadhan 1443 H ditetapkan pada lepas 3 April 2022. Hal ini pun jadi sorotan penduduk lantaran umat muslim ada yang lakukan mandi sebelum puasa.

Norma mandi untuk mansucikan diri terhitung berasal dari rangkaian yang dikerjakan umat muslim. Tujuan pelaksanaannya supaya dapat terhindar berasal dari hadas kecil dan hadas besar di dalam menyambut bulan kudus Ramadhan.

Berkenaan dengan hal itu, berikut doa mandi sebelum puasa beserta penjelasannya sehingga gampang dipahami dan dilaksanakan.

  1. Niat Mandi Keramas Sebelum Puasa
    “Nawaitu guslal lidhukulissyiami romdhoona hadihisanati sunatallillahi ta’alla”.
    Artinya: “Aku berniat mandi sunat bulan Ramadhan karena Allah Ta’ala”.
  2. Membasuh kedua tangannya
  3. Membasuh kemaluan
  4. Berwudhu untuk shalat
  5. Menyiram rambut dengan jari-jari yang sudah dibasahi ke pangkal rambut hingga rata
  6. Membasuh kepala sebanyak tiga kali
  7. Membasuh seluruh tubuh
  8. Membasuh kedua kaki

Tata cara mandi sebelum puasa itu disesuaikan dengan hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim oleh Aisyah yang berkata, “”Apabila Rasulullah SAW mandi dikarenakan junub, maka beliau memulainya dengan membasuh kedua tangan.

Beliau menuangkan air dengan tangan kanan ke atas tangan kiri, lantas membasuh kemaluan dan berwudhu dengan wudhu untuk shalat. Lantas beliau menyiram rambut sambil memasukkan jari ke pangkal rambut sampai rata.

Sehabis selesai, beliau membasuh kepala sebanyak tiga kali, lalu beliau membasuh semua tubuh dan pada akhirnya membasuh kedua kaki”, (Hr Bukhari dan Muslim).

Aplikasi mandi sebelum puasa sebaiknya ditunaikan kala sore hari menjelang Ramadhan. Tapi bisa juga dijalankan pada malam hari ketika subuhnya telah mulai sahur pertama.

Baca Juga: Doa Niat Puasa Ramadhan dan Buka Puasa Lengkap dengan Bahasa Latin serta Artinya

Aplikasi mandi sebelum puasa ini tidaklah mesti, tapi apabila ditunaikan maka diharapkan bisa mempersiapkan datangnya bulan kudus Ramadhan dengan lebih baik, agar seorang muslim pun lebih siap dan gembira menyambut bulan kudus Ramadhan.

Tak hanya amalan mandi sebelum puasa, terdapat pula amalan yang mulia yakni membaca Al Quran, bersedekah, puasa sunah sebelum Ramadhan.

Demikian klarifikasi, tata cara, dan doa mandi perlu sebelum puasa Ramadhan. Tujuan berasal dari mandi sebelum ramadhan adalah supaya umat muslim terhindar berasal dari hadas kecil maupun besar dan dapat mempersiapkan bulan ramadhan dengan lebih baik dan lebih siap.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.