5 Cara Mencegah Ngantuk saat Puasa

Bosscha.id Hallo Sahabat Sehat Bosscha.Kamu kerab mengantuk waktu berpuasa? Ini tips supaya Kamu tidak mengantuk sementara menjalankan ibadah puasa.

Kegiatan penduduk tetap serupa kala bulan puasa Ramadhan. Menghambat diri untuk tidak makan dan minum di siang hari bisa saja tak sulit.

Baca Juga: 5 Kesalahan Saat Membersihkan Wajah di Malam Hari 

Tapi, rintangan terbesar yang dialami kebanyakan orang kala berpuasa adalah rasa mengantuk yang kerap mampir kala tengah bekerja.

Lebih-lebih, persentase gula darah akan menurun sementara berpuasa, supaya memicu tubuh lemas dan otak sulit berkonsentrasi.

Hal itu memicu kantuk, yang apalagi terkadang bisa merubah produktivitas, terutama pada jam-jam tertentu yang rentan pada agresi kantuk, misalnya kurang lebih pukul 2 sampai 5 sore.

Melansir Indian Express, Dr Manoj Kutteri, Direktur Kebugaran di Atmantan Wellness Centre mengatakan, dampak puasa yang seringkali dirasakan banyak orang adalah merasa indolen dan kekurangan kekuatan.

Di hari biasa, Kamu bisa saja terbiasa minum secangkir kopi atau makan camilan tertentu untuk mengusir kantuk dan tingkatkan kekuatan, namun di bulan Ramadhan, Kamu harus melacak cara lain untuk menyiasati persoalan ini sementara berpuasa.

Berikut 5 cara sehingga tidak mengantuk kala puasa, agar tetap segar di siang hari.

1. Sesuaikan waktu tidur

Pas berpuasa, akan berjalan perubahan pola tidur gara-gara kudu bangun sebelum subuh untuk makan sahur. Inilah sebabnya mengapa orang kerap merasa mengantuk di siang hari.

Untuk mencegahnya, Kamu wajib memastikan bahwa Kamu miliki tidur yang lumayan dan berkualitas di malam hari. Jika Kamu punyai norma tidur larut malam, lebih baik mengubahnya.

Cobalah untuk tidur lebih awal sebab Kamu juga kudu bangun lebih awal. Lantas sesudah sahur dan sholat subuh, sebaiknya Kamu tidak melanjutkan tidur, gara-gara justru mampu membawa dampak Kamu merasa indolen setelahnya. Lebih baik lanjutkan dengan kesibukan lainnya.

Jika perlu berada di kantor pada pagi hari, misalnya pukul 07.00 sampai 09.00, Kamu bisa segera berangkat kerja.

2. Minum air putih yang cukup

Minumlah setidaknya dua gelas air selagi sahur menjelang imsak untuk menghindari kehilangan cairan tubuh.

Berkurangnya garam didalam tubuh cenderung mengakibatkan tubuh lebih cepat kehilangan cairan.

Berarti untuk mencukupi keperluan cairan di dalam sehari dikarenakan mempertahankan tubuh berasal dari kehilangan cairan tubuh dan menambah metabolisme.

3. Makan sahur secukupnya

Ingat, ketika Kamu mengisi bahan bakar sementara sahur dan berbuka puasa, Kamu tidak wajib makan berlebihan.

Sebaliknya, makanlah didalam porsi tengah untuk sahur, gara-gara makan berlebihan justru akan sebabkan Kamu merasa mengantuk dan tidak berenergi.

Pilih menu seimbang – karbohidrat, protein, dan serat di dalam asupan Kamu. Makanan yang mempunyai kandungan serat menunjang Kamu kenyang lebih lama. Tak hanya itu, perbanyak makan sayur dan buah.

4. Lakukan aktivitas yang membuat semangat dan berenergi

Manfaatkan pas istirahat makan siang untuk melaksanakan lebih dari satu kegiatan yang sebabkan Kamu segar dan rileks layaknya berolahraga enteng, terjadi-jalan di kantor, main video game, atau mengobrol dengan rekan kerja.

Jika terlalu mungkin, Kamu bisa memanfaatkan saat untuk tidur siang singkat selama 20-30 menit.
Kesibukan ini akan mendukung menghilangkan kantuk dan sebabkan Kamu merasa lebih segar.

5. Hindari konsumsi kafein

Paling akhir, hindari mengonsumsi kafein waktu berpuasa. Ketika taraf kekuatan rendah, keinginan untuk minum kopi atau teh tentu akan meningkat.

Pada hari biasa, kafein memang bisa mendukung Kamu terjaga, terutama ketika merasa mengantuk.

Tapi, selama bulan puasa, tidak disarankan untuk mengkonsumsi kafein kala sahur atau berbuka puasa sebab bersifat diuretik, yang bisa mengakibatkan Kamu lebih kerap buang air kecil.

Tidak cuman itu, kafein menyerap kalsium berasal dari tubuh dan bisa memicu Kamu merasa lapar sepanjang pas.

Baca Juga: Hanya Pakai Bahan Sederhana Bisa Hilangkan Ketombe, Simak Cara-Caranya Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Bosscha.id

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.