Mewujudkan Pemerintahan Desa yang Maju

Komisi I DPRD KBB Ingatkan DPMD KBB Berperan Aktif

Bosscha.id– Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daearh (DPRD) Kabupaten Bandung Barat mendorong Kepala Desa dan Perangkat Desa, untuk melaksanakan pembangunan di desa agar lebih baik lagi. Hal itu lantaran keduanya menjadi motor penggerak roda pemerintahan paling bawah yang ada di tingkat desa masing masing. 

“Perangkat desa diharapkan menjadi agen utama dari pembangunan desa, sehingga terwujudnya kemakmuran dan tidak hanya menjadi angan-angan semata,” kata Wakil Ketua Komisi I DPRD KBB, Sunarya Erawan, 9 April 2021.

Kondisi desa-desa di KBB memiliki potensi besar untuk menjadi desa maju. Namun menurut Sunarya, selama ini para aparatur desa banyak yang terjebak dalam hal-hal sulit dalam memajukan desa.

Dia pun mencotohkan, Anggaran Dana Desa (ADD) yang sebelumnya belum turun ke desa dan berimbas kepada gaji atau penghasilan tetap (siltap) para perangkat desa yang ada di 165 desa belum dibayar selama tiga bulan.

“Siltap yang belum cair sejak Januari 2021 misalnya. Ini salah satu contoh persoalan yang mempengaruhi kinerja perangkat desa,” ujarnya.

Dengan demikian Sunarya mengatakan, seharusnya Dinas Pemberdayaan Mayarakat Desa (DPMD) KBB aktif dalam mendengar aspirasi desa.

“DPMD punya peran penting dalam membina desa. Selain itu,DPMD juga harus dapat memahami kondis yang ada di desa. Karena jangan sampai urusan-urusan yang ada desa, DPMD tak bisa berbuat apa-apa,” tegasnya.

Lebih lanjut Sunarya berharap pemerintah desa dapat melaksanakan percepatan pembangunan dalam aspek sosial budaya, penguatan kapasitas pemerintah desa dan penataan administrasi pemerintah desa.

“Dengan begitu, diharapkan bisa untuk memajukan desa dan masyarakat desa,” tuturnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password