Resahkan Warga, Puluhan Motor Berknalpot Brong di Lembang Diamankan Polisi

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cimahi saat menggelar operasi di sekitar Alun-alun Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Ahad 28 Maret 2021.

Bosscha.id– Puluhan kendaraan yang menggunakan knalpot bising atau tidak sesuai standar pabrikan, diamankan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cimahi saat menggelar operasi di sekitar Alun-alun Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Ahad 28 Maret 2021.

Berdasarkan pantauan di lokasi, penindakan terhadap para warga yang kendaraannya menggunakan knalpot bising itu, dilakukan tidak lebih dari 2 jam. Puluhan kendaraan tersebut terpaksa diangkut menggunakan truk untuk dibawa ke Mapolres Cimahi. 

Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Sudirianto yang memimpin langsung operasi tersebut mengatakan, kegiatan ini dilakukan karena banyaknya aduan masyarakat yang terganggu dengan banyaknya kendaraan khususnya motor yang menggunakan knalpot bising. 

“Kendaraan berknalpot bising ini jelas mengganggu. Maka dari itu kami dari Satlantas Polres Cimahi tidak akan pandang bulu untuk melakukan penindakan,” tegas Sudirianto. 

Selain menyasar kendaraan berknalpot bising, polisi juga menindak kendaraan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan seperti spion, lampu utama, lampu rem, klakson, dan pengukur kecepatan.

“Sesuai dengan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 285 Ayat 1, jika terbukti melanggar bisa dipidana dengan kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu,” terangnya. 

Sudirianto menjelaskan, operasi ini akan terus dilakukan di seluruh wilayah hukum Polres Cimahi, khususnya di jalur-jalur yang diindikasikan banyak pelanggar serta di jalur tikus yang biasa dijadikan pengendara untuk menghindari operasi pihak kepolisian. 

Lebih lanjut Kasatlantas juga mengimbau, agar masyarakat bisa memahami betul aturan lalulintas, dan bisa saling menghargai antara para pengendara dan dengan masyarakat yang berada di jalan raya untuk tidak menggunakan knalpot bising. 

“Kami minta untuk saling menghargai dan menghormati sesama pengguna jalan. Salah satunya dengan tidak menggunakan knalpot bising, itukan sangat mengganggu sekali,” ujarnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password