Investasi di KBB Babak Belur Dihantam Corona

Istimewa

Bosscha.id– Iklim investasi di Kabupaten Bandung Barat menurun drastis pasca dihantam pandemi Covid-19.  

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mencatat investasi di Kabupaten Bandung Barat turun hingga mencapai 29,57 persen pada 2020.

“Selama tahun 2020 ada kelesuan sektor ekonomi di KBB, ya jelas itu terjadi akibat pandemi Covid-19. Dampaknya investasi kita turun hampir 30 persen,” ujar Kepala DPMPTSP KBB, Ade Zakir, Selasa 9 Maret 2021. 

Pada tahun 2020 realisasi investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) berdasarkan wajib Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) dan non LPKM di KBB sebesar Rp 3.117.524.736.Adapun jumlah tersebut jauh berbeda dengan 2019, dimana realisasi investasi PMDN di (KBB)  mencapai Rp 4.124.276.389.

Ade menjelaskan, penurunan investasi itu paling kentara di bidang manufaktur dan pariwisata. Meskipun secara keseluruhan semua sektor juga ikut terdampak, namum dua sektor itu yang imbasnya sangat terlihat.

“Sejumlah investor memilih menunggu sampai kondisi kembali normal.Tapi kondisi itu bukan hanya terjadi di KBB tapi secara nasional bahkan internasional juga mengalami hal serupa. Mengingat pandemi Covid-19 terjadi secara global dimana semua fokus kepada penanganan kesehatan,” bebernya.

Meski demikian Ade memastikan pemerintah berupaya membangkitkan perekonomian secara menyeluruh melalui nilai invetasi. 

“Dari aspek perizinan kita beri kemudahan dan percepatan proses melalui online tanpa harus tatap muka atau datang ke kantor DPMPTSP,” katanya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password