BKAD KBB Maksimalkan “SITAKASUR” di Tengah Pandemi Covid-19

Aplikasi berbasis web dan android bernama Sistem Tata Kelola Persuratan (SITAKASUR) terus dimaksimalkan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) di tengah Covid-19.

Aplikasi ini digunakan untuk mempermudah tata kelola surat menyurat di BKAD KBB

Bosscha.id-Di tengah pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir, Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Bandung Barat (KBB)  terus memaksimalkan aplikasi berbasis web dan android bernama Sistem Tata Kelola Persuratan (SITAKASUR). Aplikasi ini digunakan untuk mempermudah tata kelola surat menyurat di BKAD.

Kepala BKAD Agustina Piryanti mengatakan, di tengah pandemi Covid-19 aplikasi tersebut sangat membantu pengelolaan persuratan di BKAD yang memiliki mobilitas tinggi.

“Sampai sekarang aplikasi ini masih kita gunakan. Apalagi kondisinya di saat pandemi Covid-19 sekarang ini, tentu sangat membantu untuk kepentingan surat menyurat di dinas,” katanya, Senin 8 Maret 2021.

Berdasarakan data BKAD dalam setahun mobilitas surat menyurat yang masuk bisa mencapai 6.000 surat atau jika dirata-rata 30 surat masuk setiap harinya. Penggunaan aplikasi tersebut diharapkan dapat dapat memproses informasi surat menyurat secara cepat dan tepat, karena bersifat real time (online) didukung oleh arsip digital, file tracking serta disposisi secara online.

“Sementara untuk efektifitas surat menyurat, aplikasi ini sangat efektif digunakan,” kata Agustina.

Infografis: Bosscha.id

Menurut Agustina, pihaknya bersyukur karena aplikasi berbasis berbasis IT (web baseddanandroid based) ini sudah berjalan sejak 2018 silam. Sehingga di saat pandemi Covid-19 seperti sekarang, pihaknya tak perlu repot membuat aplikasi baru.

“Karena corona semua aktivitas hampir dibatasi untuk jaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan sehingga terpakasa harus beralih ke era digital. Kami bersyukur untuk surat-menyurat ini, kami sudah memiliki aplikasi berbasi digital,” terangnya.

Seperti diketahui, SITAKASUR ini memiliki berbagai fungsi. Mulai dari fungsi pendapatan, fungsi penganggaran, perbendaharaan, pengelolaan aset daerah dan pelaporan akuntansi, sehingga, mobilitas surat menyurat di BPKD sangat tinggi.

Adapun untuk alur kerja SITAKASUR ini, pertama setiap surat masuk diterima oleh operator, kemudian diproses scaning sebagai lampiran dari sistem. Kedua, dilanjutkan dengan proses input data dan upload oleh operator kepada sistem, kemudian surat diterima Kasubbag Umum untuk diparaf.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password