PPKM Mikro Diterapkan, Bupati Aa Umbara: Prioritas RT Zona Merah

Bosscha.id– Pemerintah Kabupaten Bandung Barat turut melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro hingga tingkat RT mulai 9 sampai 22 Februari.

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna mengatakan pada pelaksanaan PPKM berskala mikro ini akan merujuk pada peta sebaran kasus Covid-19 di tingkat RT di setiap desa.

“Kita sudah rapat dengan pihak desa soal pelaksanaan PPKM mikro ini. Tentu saja PPKM skala mikro itu melihat dari zona dulu di setiap desa apakah zona kuning, orange atau merah. Namun skala prioritasnya di zona merah,” ungkapnya, Selasa 9 Febuari 2021.

Pelaksanaan PPKM mikro hari pertama di Bandung Barat menekankan pada sisi edukasi soal protokol kesehatan (prokes) dan bagi-bagi masker ke masyarakat.

Adapun Aa Umbara sendiri langsung mendatangi warga, pedagang, dan pengguna kendaraan di kawasan Desa Cihampelas, Kecamatan Cihampelas. 

Aa Umbara juga mengatakan, pihaknya telah mengikuti arahan dari Gubernur Jawa Barat yang meminta dibuat posko pengawasan di setiap desa. Tak cuma itu, setiap desa juga diminta menyediakan ruang isolasi khusus untuk masyarakat yang terpapar Covid-19.

“Kemarin Sekda sudah rapat bersama para camat, jadi akan ada posko di setiap desa. Terus nanti kalau ada ruangan luas kita siapkan juga untuk ruang isolasi dan itu akan lebih cepat memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Wandiana mengatakan penanganan Covid-19 oleh pihak desa selama PPKM mikro bisa menggunakan dana desa. 

“Sudah ada Surat Edaran (SE) dari Pemkab Bandung Barat terkait prioritas pembiayaan desa salah satunya untuk penanganan Covid-19. Memang dana desa belum cair tapi bisa menggunakan anggaran yang ada dulu, nanti bisa diganti bila dana desa sudah ada,” kata Wandiana. 

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password