PPKM Mikro di KBB Berjalan, Tapi Dinkes KBB Belum Punya Data Kasus Covid-19 Tingkat RT

Bosscha.id

Bosscha.id-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat belum mengantongi data sebaran kasus Covid-19 hingga tingkat RT. Padahal, sesuai Instruksi Mendagri di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro setiap daerah harus memiliki data tersebut. 

“PPKM skala mikro ini berdasarkan sebaran kasus di tiap RT. Data RT yang masuk zona merah masih diproses oleh pihak desa jadi kita belum punya datanya,” ungkap Kepala Bidang P2P pada Dinas Kesehatan Bandung Barat Mulyana saat dihubungi, Rabu 10 Febuari 2021.

Meski demikian Mulayana mengatakan, sampai saat ini belum ada (RT) yang zona merah dan mayoritas hanya berada di zona oranye. 

“Indikatornya sama seperti zonasi kabupaten, berdasarkan kasus positif aktif.Intinya karena ini PPKM mikro, jadi dikumpulkan dulu data-data kasus positif di semua RT yang sedang divalidasi,” terangnya. 

Sementara itu, salah satu Desa di KBB yakni Desa Lembang, memastikan sudah melakukan pendataan sebaran kasus Covid-19. Hasilnya sebanyak 11 RT di Desa Lembang masuk kategori zona kuning penyebaran Covid-19. 

“Zonasi risiko itu sudah disosialisasikan ke tingkat RW dan RT, seiring pelaksanaan PPKM mikro. Kita manfaatkan saat pemberian vitamin A pada anak di posyandu setiap RW,” kata Kepala Desa Lembang, Yono Maryono.

Pelaksanaan PPKM berskala mikro sendiri mulai tanggal 9 sampai 22 Februari mendatang. PPKM mikro memprioritaskan penanganan penyebaran Covid-19 hingga tingkat RT di setiap desa. 

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password