Setahun Pandemi Covid-19, Hotel di KBB Terancam Bangkrut

Ilustrasi hotel. health.arlingtonva.us

Bosscha.id– Sektor perhotelan di Kabupaten Bandung Barat mengalami tekanan berat saat pandemi Covid-19 berlangsung. Berdasarkan data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Barat, okupansi hotel anjlok sampai 90 persen.

“Konidisi ini sudah terjadi cukup lama. Adapun selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) industri perhotelan hanya bisa mendapatkan 10 persen,” kata Kepala Bidang Pariwisata pada Disparbud KBB, Senin 8 Febuari 2021.

David mengatakan, dengan kondisi tersebut diperlukan dukungan semua pihak termasuk pemerintah, untuk segera memulihkan industri strategis di KBB ini.

“Kita sangat intens koordinasi bersama para pelaku hotel dan wisata bagaimana industri keduanya bisa bertahan di tengah pandemi ini.Terobosan-terobosan baru seperti mengadakan diskon itu juga sudah dilakukan,” kata David.

Penerapan kebijakan Jabar akhir pekan di rumah saja yang digulirkan Gubernur Jabar Ridwan Kamil cukup berpengaruh pada kondisi di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat. 

Kondisi itu terjadi juga karena pemerintah sedang menerapkan Pemberlakuan PPKM sejak tanggal 11 sampai 25 Januari. Lalu berlanjut pada 26 Januari sampai 8 Februari hari ini.

Baca Juga:   Pemerintah Tetapkan 1,3 Juta Formasi ASN pada 2021

“Bisnis hotel  semakin terjun bebas. Sekarang setiap akhir pekan yang menginap sudah sangat sepi,” kata General Manager Augusta Hotel Lembang, Dian Darmawan.

Dian mengatakan di masa pelaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tamu yang datang ke hotel bisa dihitung. Kondisi itu terjadi baik saat weekday ataupun saat weekend, bahkan sudah dirasakan dari semenjak libur Natal dan Tahun Baru. 

“Bukan hanya soal kesehatan, kondisi ekonomi masyarakat juga sedang ‘sakit’ makanya banyak orang yang menunda untuk berpergian ke luar daerah, menginap di hotel, wisata, karena biaya yang dikeluarkan semakin besar,” terangnya. 

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password