KBB Tetapkan Siaga Darurat Bencana

Ini Daftar Daerah Rawan Bencana Tertinggi di Bandung Barat
Istimewa

Bosscha.id– Status kebencanaan di Kabupaten Bandung Barat kini ditingkatkan jadi siaga darurat. Kondisi tersebut menyusul cuaca ekstrem yang melanda Bandung Raya sejak beberapa hari belakangan.

“Jad saat ini status KBB berada pada status siaga darurat, banjir, banjir bandang, dan longsor,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD KBB Duddy Prabowo, Senin 8 Febuari 2021.

Dia mengatakan, wilayah Bandung Barat memiliki potensi bencana tanah longsor yang dominan karena kontur tanah yang labil dan cuaca ekstrem atau hujan dengan intensitas tinggi.

Selain bencana tanah longsor, potensi banjir bandang pun menjadi ancaman bagi Bandung Barat. Wilayah yang berpotensi terjadinya banjir bandang ini berada di tiga kecamatan, Cisarua, Cipatat, dan Gununghalu.

“Sementara cuaca ekstrem ini berpotensi memicu terjadinya bencana hidrometeorologi,” ucapnya.

Oleh karena itu, ia mengimbau warga untuk tetap memantau prakiraan cuaca yang dirilis oleh Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagai sikap kewaspadaan menghadapi bencana hidrometeorologi.

“Kita harus tetap waspada terutama saat ini dalam cuaca ekstrem hujan disertai angin kencang dan mungkin sesekali ada petir. Kalau lihat prakiraan cuaca, kondisi ini sampai akhir Februari,” ujar Duddy.

Lebih lanjut Duddy menjelaskan, wilayah Bandung Barat memiliki potensi bencana tanah longsor cukup besar. Potensi itu menyebar hampir di 165 kecamatan se-Bandung Barat melihat topografi di KBB.

“Kalau di KBB untuk longsor hampir semua (kecamatan) kalau melihat topografi KBB kemiringan lerengnya mungkin diatas 30 derajat, saya kira itu yang menjadi potensi ancaman,” katanya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password