Prokes Covid-19 Warga Lemah, Bus Ngumbara di KBB Kembali Digas

Foto Bus Ngumbara. Bosscha.id/Anshar Mohamad

Bosscha.id– Satgas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Bandung Barat (KBB) terus memperketat pengawasan terhadap protokol kesehatan di lingkungan yang kerap terjadi keramaian. Hal itu dilakukan karena hingga kini masih ada masyarakat yang abai menerapkan prokes.

“Tingkat kepatuhan (Prokes) di masyarakat harus diakui masih kurang. Seperti tidak pakai masker, atau pakai tapi digantung di leher, itu kan tidak boleh. Kita langsung tegur dan ingatkan secara persuasif,jika dipandang perlu Satpol PP akan mengambil langkah kedisiplinan,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD KBB, Duddy Prabowo, Rabu 3 Febuari 2021.

Sosialisasi digelar dengan menggunakan Bus Ngumbara dari titik pemberangkatan di Pos Wasdal Dishub, KBB, di Padalarang. Petugas Satgas Covid-19 terdiri dari unsur BPBD, Dishub, Satpol PP, TNI dan Polri, memberikan imbauan melalui pengeras suara dari dalam bus. 

“Ini juga karena di sepanjang jalan yang dilewati juga ditemukan beberapa warga yang tidak memakai masker,” ucapnya.

Adapun pelaksanaan sosialisasi tersebut juga bertepatan dengan penerapan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tahap 2 sejak 26 Januari sampai 8 Februari nanti.

Duddy menambahkan, bahwa kegiatan tersebut serentak dilakukan di beberapa kecamatan di wilayah KBB dengan harapan dapat semakin menurunkan angka kasus Covid-19. 

“Sekarang adalah hari ketujuh pelaksanaan PPKM tahap kedua dan kami terus tidak pernah bosan mengingatkan ke masyarakat untuk disiplin menerapkan prokes,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) KBB, Lukmanul Hakim menyebutkan, pihaknya sengaja menurunkan Bus Ngumbara untuk membantu Tim Satgas Covid-19 untuk sosialisasi prokes. 

Meski diperuntukkan bagi mendukung aktivitas kegiatan wisata, tapi bus bantuan dari Pemprov Jabar itu bisa dioptimalkan untuk membantu sosialisasi di tengah pandemi Covid-19.

“Kegiatan sosialisasi dengan Bus Ngumbara sudah dilakukan sejak dari PPKM pertama dan berlanjut sampai PPKM kedua ini. Kita bantu Tim Satgas Covid-19 untuk mengingatkan ke masyarakat memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan,” imbuhnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password