BMKG: KBB Perlu Waspada Potensi Sesar Lembang

Ilustrasi longsor: Foto Istimewa

Bosscha.id– Pemerintah Kabupaten Bandung Barat diminta tanggap dan rutin melakukan mitigasi kebencanaan yang bisa menimbulkan dampak buruk bagi masyarakat termasuk ancaman gempabumi dari aktivitas Sesar Lembang yang mengintai.

“Secara garis besar bisa melakukan mitigasi struktural dan non struktural. Misalnya pemerintah setempat mengawasi pembangunan di daerah Lembang karena beberapa objek vital ada di garis Sesar Lembang. Intinya pemerintah daerah tentu harus waspada, ” ungkap Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Bandung, Rasmid, Selasa 26 Januari 2021.

Meskipun belum bisa diprediksi kapan terjadinya dan berapa besar getaran yang akan ditimbulkan dari aktivitas Sesar Lembang, namun menurut Rasmid, Pemda KBB diharapkan bisa mengeluarkan regulasi terkait tata ruang yakni tidak boleh ada permukiman dan perkantoran di sisi kiri dan kanan dengan jarak berkisar 100 meter sampai 500 meter dari garis sesar. 

“Bisa juga dengan mengeluarkan regulasi demikian. Ketika sulit memindahkan bangunan yang sudah jadi, tentu bisa memberi peringatan pada bangunan-bangunan yang baru akan dibangun,” tegasnya.

Seperti diketahui, garis Sesar Lembang melintang dari timur ke arah barat. Garis patahan itu membentang sepanjang 29 kilometer melintasi pemukiman di empat kecamatan KBB.

Baca Juga:   Presiden Jokowi: Penegakan Hukum Harus Tindak Tegas Pembakaran Hutan Tanpa Kompromi

Berdasarkan data BMKG, tercatat ada banyak pemukiman yang berdiri di sepanjang garis sesar. Selain pemukiman warga, garis sesar juga melintas sejumlah objek vital seperti Rumah Sakit, sekolah dan Kantor pemerintahan.SLIDE3

BMKG memprediksi kekuatan gempa Sesar Lembang mencapai 6,8 magnitudo. 

“Prediksi itu berdasar analisis mengukur kedalaman dan panjang garis sesar tersebut. Artinya, potensi sesar jelas ada, tapi kita tidak tahu kapan dan berapa besarnya. Berdasarkan kekurangan ini, kita harus selalu waspada pada skenario terburuk,” terangnya. 

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password