Makin Penuh! Okupansi RS Rujukan Covid-19 di KBB Tembus 90 Persen

Bosscha.id/Anshar Mohamad.

Bosscha.id– Setelah berada di zona merah penyebaran Covid-19, okupansi rumah sakit rujukan Covid-19 di Kabupaten Bandung Barat berada di atas 90 persen.

Tiga rumah sakit rujukan khusus Covid-19 di KBB yakni RSUD Lembang, RSUD Cililin, dan RSUD Cikalongwetan saat ini sudah hampir penuh. Tersisa hanya satu atau dua bed kosong untuk pasien Covid-19.

“Kondisinya memang penuh, rata-rata keterisiannya di atas 90 persen. Cuma memang keterisian itu kan fluktuatif, kadang ada satu dua yang sembuh jadi bisa diisi pasien lain,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Bandung Barat, Asep Sodikin, saat ditemui di Pemkab Bandung Barat, Jumat 22 Januari 2021.

Asep mengatakan, untuk mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19,pihaknya saat ini tengah merencanakan penambahan bed dan memindahkan beberapa fasilitas dari tempat isolasi di Masjid Ash Siddiq di kawasan Pemkab Bandung Barat.

Meski demikian, penambahan bed di rumah sakit juga perlu diikuti dengan penambahan fasilitas pelayanan termasuk tenaga kesehatan yang menangani pasien Covid-19.

“Kita sudah berusaha menambah bed di RSUD Lembang misalnya. Terus kita mengalihkan sarpras di Masjid Ash-Shiddiq ke sana. Saat ini kita mengoptimalkan tempat tidur yang ada di tiga RSUD,” jelasnya.

Lebih lanjut Asep menyebut, total ada 67 bed di tiga rumah sakit rujukan Covid-19 yang terdiri dari bed zona merah, kuning, dan hijau. Pihaknya juga memiliki upaya alternatif mengalihkan bed zona hijau untuk zona kuning.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password