Corona Masih Menggila, KBB Masuk Zona Merah

Bosscha.id

Bosscha.id– Kabupaten Bandung Barat (KBB) kembali masuk ke zona merah atau kategori risiko tinggi penyebaran Covid-19 berdasarkan hasil evaluasi Satgas Covid-19 Provinsi Jabar.Peningkatan kasus positif di KBB disinyalir merupakan dampak dari libur panjang beberapa waktu lalu.

Direktur Utama (Dirut) RSUD Cikalongwetan, Ridwan Abdullah Putra mengatakan, zona merah dan kasus yang terus bertambah berdampak pada tingkat keterisian rumah sakit, salah satunya di RSUD Cikalongwetan.

“Sekarang bed terisi penuh. Ada kemungkinan pasien bisa terus bertambah beberapa hari ke depan,” kata Ridwan saat dihubungi, Rabu 20 Januari 2021.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan KBB menyebutkan, total kasus COVID-19 mencapai 2.311 kasus. Rinciannya 542 orang positif aktif, 1.743 dinyatakan sembuh, dan yang meninggal dunia ada 35 orang.

Ridwan menyebut bed kategori merah terisi penuh oleh delapan pasien. Untuk bed kategori kuning diisi tujuh pasien. Para pasien yang dirawat di RSUD Cikalongwetan berasal dari KBB dan juga dari Kota Bandung.

“Mereka harus mendapatkan perawatan secara intensif dan terpisah dari pasien umum. Rata-rata pasiennya juga memiliki gejala klinis kategori ringan sampai berat,” tegasnya.

Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) nyatanya belum mampu membuat kasus Covid-19 di KBB ditekan.

Oleh karena itu, pihaknya meminta masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Meskipun pemerintah mulai melaksanakan vaksinasi yang jadi upaya menekan penyebaran Covid-19.

“Untuk pencegahan vaksinasi kan baru mulai dan masih berjalan, jadi belum terlihat dampaknya. Makanya protokol kesehatan tetap harus dijaga,” pungkasnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password