KBB Siap Terapkan PPKM

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna memantau kesiapan PSBB di Padalarang, KBB beberapa waktu lalu.

Bosscha.id – Kabupaten Bandung Barat (KBB) memastikan siap melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali.

“Instruksi sembilan item pada PSBB (PPKM-red) yang diterapkan nanti telah siap kita laksanakan, kita tinggal menunggu surat instruksi Bupati Bandung Barat,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) KBB, Asep Sodikin, Kamis 7 Januari 2021.

Asep menegaskan, penerapan PSBB di Kabupaten Bandung Barat ini mengacu pada hasil evaluasi pemerintah pusat berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.

“Ada empat kriteria misalnya tingkat konfirmasi positif, tingkat kesembuhan, tingkat kematian dan keterisian bed rumah sakit. Jadi salah satunya kita kena ya akhirnya kita harus PSBB,” katanya.

Pelaksanakan PPKM sendiri merupakan arahan dari pemerintah pusat melihat tren kasus dsn keterisian ruang isolasi khusus Covid-19. PPKM bakal diberlakukan mulai 11 hingga 25 Januari atau selama 14 hari. Adapun KBB menjadi salah satu daerah di Jawa Barat yang bakal melakukan PPKM.

Oleh karena itu, menurut Asep Pemkab Bandung Barat tengah menyiapkan dari operasionalnya nanti.

“Nanti melalui instruksi bupati terkait operasional seperti apa dalam penerapan PSBB (PPKM) tersebut,” katanya.

Beberapa aturan yang nantinya akan diterapkan dan wajib dipatuhi masyarakat yakni pembatasan jam operasional pusat perbelanjaan sampai pukul 19.00 WIB, Work From Office (WFO) untuk 25 persen pegawai, dan kuota di tempat ibadah hanya boleh diisi 50 persen jemaah.

Sementara itu, salah satu hal yang perlu digarisbawahi yakni penerapan Work From Home (WFH) bagi kegiatan di perkantoran baik pemerintahan maupun swasta. Pasalnya, Pemkab Bandung Barat sebelumnya telah menerapkan kebijakan tersebut saat ASN terpapar Covid-19.

“Pada intinya PSBB saat ini membatasi pergerakan manusia misalkan perkantoran WFH 75 persen baik di pemerintahan maupun swasta,” katanya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password