Cek Fakta: Soal Munculnya Jemaah Tentara Allah di KBB

Bosscha.id

Bosscha.id– Di awal tahun 2021 masyarakat Kabupaten Bandung Barat dibuat heboh. Pasalnya ada sekelompok warga di Kampung Sasak Bubur, RT 04/03, Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas, KBB yang mendeklarasikan pembentukan Jundullah atau Tentara Allah.

Deklarasi yang dibacakan oleh pimpinan jemaah bernama Erwan Sa’ad itu berbunyi ‘Deklarasi pembentukan Jundullah atau tentara Allah. Bahwa pada hari ini Jumat 1 januari 2021 di Masjid Allah Sawah, Sasak Bubur, Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas, KBB dibentuk suatu jemaah yang diberi nama Jundullah atau tentara Allah dengan penanggungjawab Erwan Sa’ad,’

‘Untuk bersama-sama Insya Allah berjuang membuktikan Al Quran surat ke 42 ayat 13 dan Al Quran surat ke 47 ayat ke 7 dengan semua komponen kaum muslimin dimana pun mereka berada,’ kata Erwan melanjutkan.

Ketua RW Tak Tahu

Ketua RW 03, Sopiyandani. mengaku bahwa dirinya sama sekali tak mengetahui jika ada kegiatan deklarasi pembentukan Jundullah atau Tentara Allah yang dilakukan warga sekaligus jemaah masjid di wilayahnya.

“Jujur saya enggak tahu ada deklarasi semacam itu. Karena ya memang tidak ada pemberitahuan ke pengurus RT dan RW. Jadi kalau mau jelasnya deklarasi itu tujuannya apa, harus ke Ustad Erwan,” ungkap Sopiyandani.

Pemkab dan MUI Turun Tangan

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) KBB Jaja mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan MUI KBB dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) KBB akan menerjunkan tim ke lokasi deklarasi.

Ia juga menegaskan telah melibatkan MUI dan FKUB KBB mengingat deklarasi tersebut menyangkut paham keagamaan yang merupakan kewenangan dari MUI dan FKUB.

“Kenapa ada MUI dan FKUB, karena ini menyangkut paham keagamaan, nanti MUI yang lebih tahu paham ini menyimpang atau tidak,” tegasnya.

Sementara itu Ketua MUI Bandung Barat Muhammad Ridwan mengatakan pihaknya bakal meminta keterangan pada Erwan Sa’ad terkait paham yang diyakini baru bisa menyimpulkan apakah menyimpang atau tidak.

“Ini harus dipanggil agar jelas maksud dan tujuannya. Tapi sejauh ini tidak ada atribut aneh yang digunakan. Kalau sudah jelas keterangan dari yang bersangkutan, nanti bisa disimpulkan apakah menyimpang atau tidak,” kata Ridwan.

Infografis Bosscha.id

Beruntung, lima hari berselang warga yang sebelumnya mendeklarasikan jemaah Tentara Allah kini berbalik menolak dan membatalkan deklarasi tersebut yang dituangkan dalam surat pernyataan bersama ditandatangani oleh sebanyak 14 orang warga yang hadir pada saat deklarasi.

Deklarasi penolakan pembentukan jemaah Tentara Allah juga disampaikan oleh unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Cihampelas, KBB.

“Kami tadi sudah berkumpul dengan warga. Hasilnya dibuat surat pernyataan bersama oleh warga yang ditandatangani di atas materai mereka menolak dan membatalkan deklarasi Tentara Allah,” ungkap Kepala Desa Mekarmukti Andriawan Burhanudin.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password