Gmail & YouTube Down, Google Salahkan Kuota Internal Storage

Google

Bosscha.id-Pada Senin sore (14/12/2020) layanan Gmail, YouTube, Google Play Store, Google Drive, Google Maps dan lainnya sempat down atau tak bisa diakses selama 45 menit. Google mengungkap biang keroknya kuota internal storage.

Juru bicara Google mengungkapkan YouTube dan Gmail down serta layanan Google lainnya disebabkan oleh kegagalan alat otentifikasi perusahaan. Alat ini mengatur cara pengguna masuk ke layanan yang dijalankan oleh Google dan developer pihak ketiga.

“Hari ini pada pukul 3.47 pagi (Pacific Time), Google mengalami gangguan sistem otentifikasi selama 45 menit karena masalah kuota penyimpanan internal,” ujar Juru bicara Google seperti dilaporkan Guardian dan dikutip CNBC Indonesia, Selasa 15 Desember 2020.

“Masalah sistem otentifikasi diselesaikan pada pukul 4.32 pagi (Pacific Time). Semua layanan sekarang dipulihkan. Kami memohon maaf kepada semua pengguna yang terpengaruh, dan kami akan melakukan peninjauan tindak lanjut secara menyeluruh untuk memastikan masalah ini tidak terulang di masa mendatang.”

Juru Bicara Google menambahkan seharusnya alat internal perusahaan mengalokasikan ruang penyimpanan yang cukup ke layanan yang menangani otentifikasi namun tampaknya tugas ini gagal dilakukan yang berarti sistem mengalami crash.

Baca Juga:   Kim Jong-un Bui Warga Penonton Drakor & Pakai Panggilan Oppa

Kejadian ini sama seperti ketika komputer desktop saat mencoba beroperasi dengan hard drive penuh. Hal ini membuat pengguna tak bisa mengakses layanan yang ada karena hard drive tidak bisa memproses perintah.

Source: CNBC Indonesia

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password