Tingkatkan Minat Baca Saat Masa Pandemi Covid-19

Kehadiran mobil perpustakaan keliling yang dimiliki Disarpus memberikan akses layanan bagi para pelajar untuk memilih buku sesuai dengan kebutuhannya.

Disarpus KBB Maksimalkan Perpusdes

Bosscha.id– Pemerintah Kabupaten Bandung Barat melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) mengajak masyarakat KBB meningkatkan minat baca di tengah pandemi Covid-19. Dengan begitu diharapkan dapat meningkatkan dukungan terhadap percepatan peningkatan pembudayaan gemar membaca dan peningkatan literasi masyarakat di desa.

“Meski sekarang di era Covid-19 tantangan kita semakin berat, namun kami ingin budaya literasi di masyarakat tetap hidup. Tentu berbagai upaya akan kami lakukan,” kata Kepala Disarpus KBB, Avira Nurfashihah Senin 14 Desember 2020.

Avira mengatakan, pihaknya terus mendorong pengelola perpustakaan desa (perpusdes) agar dapat membantu memotivasi masyarakat untuk tetap aktif membaca. Terlebih menurutnya,  pentingnya budaya membaca saat ini.

“Di masa pandemi Covid-19 aktivitas warga di luar rumah pasti menjadi terbatas. Sehingga ke depan kami harapkan perpusdes bisa memfasilitasi masyarakat menyediakan sumber-sumber bacaan,” ungkapnya.

Berdasarkan data Disparpus KBB, dari 165 desa di Bandung Barat, sebanyak 80 desa aktif menjalankan perpusdes dan TBM.

Di masa pandemi Covid-19, Disarpus rencananya akan menyediakan fasilitas Perpustakaan Berbasis Digital untuk memudahkan dan mempercepat akses layanan baca. Karena, di masa pandemi Covid-19 pemerintah daerah perlu mengoptimalkan peran perpustakaan, termasuk mengembangkan perpustakaan berbasis digital.

“Sebab di era Covid-19 selain hidup sehat dan prilaku masyarakat yang berubah, dalam pengunaan teknologi pun sama. Maka dari itu kita ingin memanfaatkan perspustakaan digital sebagai upaya meningkatkan minat baca di era Covid-19 ini,” kata Avira.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password