KBB Kembali Zona Merah Covid-19

Bosscha.id– Kabupaten Bandung Barat (KBB) kembali masuk ke zona merah atau risiko tinggi penyebaran Covid-19 berdasarkan hasil evaluasi mingguan Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Jawa Barat.

Saat ini kasus Covid-19 di KBB mencapai 1257 kasus. Rinciannya 394 orang positif aktif, 836 orang dinyatakan sembuh, dan 27 orang meninggal dunia.

“Iya hari ini KBB kembali ke zona merah. Agak kesulitan juga untuk bertahan di oranye, karena kasus positifnya terus bertambah,” ujar Kepala Dinas Kesehatan KBB, Hernawan Widjajanto, Senin 14 Desember 2020.

Hernawan mengatakan cukup sulit mempertahankan posisi KBB untuk tetap di zona oranye mengingat kedisiplinan masyarakat rendah dalam penerapan protokol kesehatan.

Bahkan kata dia, belakangan ini, kenaikan angka kasus Covid-19 di KBB mengalami lonjakan drastis karena banyaknya masyarakat yang melakukan perjalanan antar daerah dan penyebaran di lingkungan keluarga.

“Kebanyakan penyebaran Covid-19 ini karena pelaku perjalanan, jadi ada yang kerja atau habis berkunjung dari luar daerah, kemudian positif dan menyebarkan di keluarganya,” terangnya.

Adapun ia mengupayakan langkah intervensi dengan mempercepat proses kesembuhan pasien positif Covid-19. Misalnya dengan pemantauan intensif dan pemberian suplemen untuk meningkatkan imunitas pasien positif.

“Sejauh ini pelaku perjalanan dan klaster keluarga penyumbang kasus Covid-19 di KBB. Kita hanya bisa berupaya mempercepat kesembuhan, karena kalau mengatur masyarakat untuk disiplin prokes agak sulit, banyak yang sudah abai,” terangnya.

Kendati demikian, pihaknya meminta masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19 seperti mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Bagaimanapun tetap wajib menerapkan prokes, karena itu langkah pencegahan yang paling mudah dan murah untuk dilakukan,” bebernya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut zona merah penyebaran Covid-19 di Jawa Barat kembali bertambah. Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat kembali berstatus zona merah.

“Zona merah bertambah menjadi delapan daerah. Jadi ini kita harus waspada ya,” ujar Ridwan Kamil.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password