ASN KBB Harus Menguasai Birokrasi Era Digital

Bosscha.id

Melalui Pengembangan Kompetensi ASN

Bosscha.id-Aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Bandung Barat dituntut untuk meningkatkan kompetensi dalam hal pengetahuan, keterampilan, dan perilakunya di masa Revolusi Industri 4.0.  Sebab, di era Revolusi Industri 4.0 sebagai pelayan publik ASN dituntut untuk bekerja lebih maksimal lagi agar memenuhi ekspektasi masyarakat.

Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Bandung Barat melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) berupaya untuk meningkatkan pengembangan kompetensi ASN sesuai kualifikasinya.

“ASN di era Revolusi Industri 4.0 ini, harus bersikap dinamis. Tidak lagi takut pada kemajuan teknologi tetapi harus melek teknologi, bahkan bila perlu mampu menguasai, mengatur dan mengendalikan teknologi, terutama teknologi informasi. Maka dari itu, ASN perlu adanya pengembangan kompetensi,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bandung Barat Asep Ilyas melalui Kabid Pengembangan dan SDM Aam Wiriawan, Senin 23 November 2020.

Bosscha.id

Asep mengatakan, untuk meningkatkan pengembangan kompetensi dan manajemen kepegawaian ASN di era Revolusi Industri 4.0 maka diperlukan sosialisasi mengenai Aplikasi Pengembangan Kompetensi.  Adapun sosialisasi Aplikasi Pengembangan Kompetensi tersebut untuk memberikan pengetahuan dan pengenalan dalam rangka mengembangkan kompetensi kerja serta kemampuan produktivitas sumber daya ASN sebagai pekerja professional.

Asep juga menjelaskan Aplikasi Pengembangan Kompetensi tersebut dibuat oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Barat dan akan diterapkan pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se-Jawa Barat. 

“Ini diikuti  27 orang kepala Subbag kepegawaian Dinas/Badan, 16 orang Kepala Subbag Kepegawaian Kecamatan  dan 43 orang operator aplikasi komputer,” ujarnya.

Lebih lanjut Asep mengatakan, dengan adanya program pengembaangan tersebut ASN di KBB diharapkan mampu mengimplementasikan dan menginterpretasikan pengembangan kompetensi yang dimiliki masing-masing ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat.

“Pegawai harus dipandang sebagai aset organisasi yang harus ditingkatkan kualifikasi dan kompetensinya. Sementara di Revolusi Industri 4.0  secara fundamental mengakibatkan berubahnya cara pegawai berpikir atau mindset dalam berinteraksi satu dengan yang lain,” ujarnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password