Bupati Aa Umbara: Kinerja Semua ASN KBB Bakal Dievaluasi

Bosscha.id

Pasca penerapan work from home (WFH) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN)

Bosscha.id– Kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat akan dievaluasi pasca penerapan work from home (WFH) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).  Hal itu dilakukan untuk mengukur efektivitas pelayanan publik yang tetap berlangsung di tengah masa pandemi Covid-19.

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna menyatakan pentingnya mengevaluasi kinerja ASN selama pandemi Covid-19. Sebab, kata dia, evaluasi tersebut akan melihat sejauh mana tugas-tugas bagi ASN yang diberikan dapat diselsaikan dengan baik selama bekerja dari rumah.

“Sebetulnya pekerjaan-pekerjaan sudah ada yang selsai. Namun, selama masa Covid-19 ini, evaluasi kinerja para pejabat tetap akan dilakukan. Karena walaupun harus WFH, gaji dan tunjungan kinerja tetap diberikan. Tapi yang lebih penting lagi adalah bagaimana pelayanan publik bisa efektif dilakukan, ” ujar Bupati, Senin 26 Oktober 2020.

Menurut Umbara walaupun ASN menjalani WFH namun tidak boleh ada anggapan libur. Sebab menurutnya kinerja yang baik dapat diukur dari tanggung jawab ASN dalam menjalankan tugas. 

Adapun lanjutnya, evaluasi juga dilakukan untuk mengukur hasil kinerja ASN di akhir tahun ini.

“Saya tau ada para pejabat yang bekerja setiap hari tanpa kenal libur.Termasuk untuk Kepala Dinas, selama Covid-19 saya lihat mereka sudah bekerja maksimal. Namun tetap evaluasi kinerja di akhir tahun ini akan dilakukan,” katanya.

Baca Juga:   Di Kota Bandung, Jumlah Kasus COVID-19 Terus Melonjak

Selama WFH tetap masing-masing ASN harus mencapai sasaran kerja dan memenuhi target kinerja dengan memvalidasi Laporan Kinerja yang wajib diinput setiap hari kerja oleh seluruh ASN melalui Aplikasi Kinerja Aparatur (AKUR).

Oleh karena itu, Aa Umbara mengimbau seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemkab Bandung Barat dan seluruh Camat di wilayah agar memonitroing kerja ASN. 

“Maka dari itu, saya imbau beberapa bulan di akhir tahun ini seluruh OPD harus bisa menuntaskan target kerja yang sudah disusun,” tegasnya.

Infografis: Bosscha.id

Menerapkan Protokol Kesehatan Saat Bekerja 

Lebih lanjut Aa Umbara mengingatkan pentingnya kedisiplinan melaksanakan protokol kesehatan bagi ASN yang bekerja di kantor untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Saya juga imbau seluruh pegawai yang melaksanakan WFO untuk menggunakan masker saat bertugas dan disiplin dengan senantiasa menjaga jarak saat bertugas (physical distancing),” ujarnya. 

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password