Dampak Covid-19, RPJMD KBB 2018-2023 Direvisi

Berorientasi Sektor Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi

Bosscha.id– Target kerja Pemerintah Kabupaten Bandung Barat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023 akan direvisi. Revisi dilakukan setelah wabah Covid-19 mempengaruhi kinerja Pemerintah Derah dalam memenuhi target RPJMD.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) KBB, Asep Wahyu FS mengatakan, perubahan dianggap perlu karena Covid-19 memberikan dampak siginifikan bagi kinerja pemerintah.

“Pandemi Covid-19 berdampak pada perencanaan program yang sudah diususun sebelumnya, termasuk pada rencana pembangunan di daerah. Oleh karenanya perlu ada perbuahan RPJMD untuk menyesuaikan kondisi riil saat ini,” ujarnya, Kamis 8 Oktober 2020.

Asep menjelaskan sesuai dengan Permendagri Nomor 86 tahun 2017 bahwa perubahan RPJMD bisa dilakukan. Adapun perubahan yang mendasar antara lain mencakup terjadinya bencana alam, goncangan politik, krisis ekonomi, konflik sosial budaya, gangguan keamanan, pemekaran Daerah atau perubahan kebijakan nasional.

Menurutnya, ada beberapa hal yang mendasari diambilnya kebijakan untuk melakukan perubahan RPJMD 2018-2023 ini. Diantaranya fokus kerja pemerintah yang agresif saat ini dalam melakukan penanganan wabah Covid-19 hingga selsai.

Baca Juga:   Tekan Pengangguran di Tengah Pandemi Covid-19, 150 Orang di KBB Ikut Pelatihan Pemagangan ke Jepang

“Selama pandemi Covid-19 kita akan fokus pada penguatan fasilitas kesehatan, memberikan bantuan sosial masyarakat dan program pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19,” terangnya.

Infografis: Bosscha.id

Perubahan RPJMD KBB 2018-2023 telah selaras dengan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dan RPJMD Provinsi Jawa Barat. Walau demikian Asep menambahkan, saat ini masih terdapat beberapa isu startegis dan ranah kebijakan yang secara nasional menjadi fokus pembangunan namun tidak menjadi prioritas daerah. 

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password