Kronologi Presiden Trump hingga Terinfeksi Virus Corona

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan istri, Melania dinyatakan terinfeksi virus corona. (Foto: AFP)

Bosscha.id-Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan istri, Melania dinyatakan terinfeksi virus corona. Trump mengungkapkan hasil tes melalui akun Twitter pribadinya pada Kamis (1/10).

Kabar tersebut muncul tak lama setelah seorang penasihat kepresidenan yang dekat dengan Trump, Hope Hicks dinyatakan positif Covid-19.

Pejabat administrasi Gedung Putih yang enggan disebutkan namanya mengungkapkan Hicks mulai merasakan gejala ringan Covid-19 saat perjalanan pulang dengan pesawat Marine One, usai menghadiri kampanye di Minnesota pada Rabu (30/9) malam. Hicks dan Trump berada dalam satu pesawat yang sama.

Hicks diketahui cukup intens bersama Trump dalam sepekan terakhir. Selain menemani Trump ke Minnesota, dia juga mendampingi Trump ke Cleveland, Ohio, dalam debat perdana calon presiden AS pada Selasa (29/9) malam.

Tepat sehari setelah kampanye di Minnesota, Hicks dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Ia kemudian menjalani karantina.

Di hari yang sama saat Hicks dinyatakan positif corona, Trump diketahui masih melakukan perjalanan ke New Jersey untuk penggalangan dana. Direktur media sosial Dan Scavino dan sekretaris pers Kayleigh McEnany, yang semula akan bergabung dalam perjalanan, digantikan pada menit-menit terakhir oleh para asisten lain.

Pada Kamis (1/10) malam, Trump dan istrinya langsung menjalani tes Covid-19 dan mengaku sedang menunggu hasilnya.

“Saya baru saja menjalani tes dan kita akan lihat apa yang terjadi,” ucapnya dilansir dari AFP, Selasa (2/10).

Saat itu, dia mengungkapkan bahwa dirinya masih belum tahu apakah akan menjalani karantina. Namun, dia berharap bisa segera mendapatkan hasil tes pada Kamis malam atau Jumat pagi.

“Apakah menjalani karantina atau terinfeksi (virusnya), saya tidak tahu,” ucap Trump.

Tapi kemudian presiden kembali menyampaikan di Twitter-nya bahwa dia dan istrinya akan menjalani karantina. Ia berharap hasil tes keluar paling lambat Jumat (2/10) pagi.

Baca Juga:   Demokrat KBB: KLB Demokrat di Sumut Ilegal!

“Ibu Negara dan saya sedang menunggu hasil tes kami. Sementara itu, kami akan memulai proses karantina kami,” cuit Trump, melansir dari Associated Press.

Hasil tes pun keluar. Presiden AS beserta Ibu Negara dinyatakan positif terpapar virus corona. Hal itu disampaikan Donald Trump di akun Twitter resminya.

“Malam ini, @FLOTUS dan saya dinyatakan positif Covid-19. Kami akan segera memulai proses karantina dan pemulihan. Kami akan melewati ini BERSAMA!,” cuit Trump, Jumat (2/10).

Trump dan Melania akan menjalani karantina di Gedung Putih. Dokter resmi Trump, Sean Conley, mengatakan keduanya dalam keadaan baik-baik saja dan Trump akan melanjutkan “tugas kepresidenannya tanpa gangguan”.

Dalam sebuah pernyataan, Conley mengatakan Trump dan istrinya berencana untuk tetap berada di Gedung Putih selama masa pemulihan.

“Saya berharap presiden terus menjalankan tugasnya tanpa gangguan selama masa pemulihan,” ujar Conley.

Pasca dikabarkan positif Covid-19, Gedung Putih membatalkan perjalanan kampanye ke Florida dari jadwal Trump. Dia sedianya akan mengadakan acara kampanye di bandara Sanford, Florida.

Setelah membatalkan kampanye di Florida, Trump pun membatalkan beberapa kampanye lainnya menjelang pemilihan umum pada 3 November mendatang.

Source: CNN Indonesia

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password