Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 10 Sudah Dibuka

Istimewa

Bosscha.id– Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 10 telah dibuka hari ini, Sabtu (26/9/2020) sejak pukul 12.00 WIB.

Melalui program Kartu Prakerja ini, sejak gelombang 1-9, pemerintah telah menerima 5,48 juta manfaat program Kartu Prakerja. Di tahun ini, pemerintah menargetkan untuk menerima 5,6 juta peserta, artinya 2 kuota tersisa saat ini sebanyak 200.000 orang.

CNBC Indonesia sudah mencoba mengkonfirmasi kepada Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu, namun belum ada tanggapan.

Sebelumnya, mengenai kuota di gelombang 10 juga sudah dijelaskan oleh Direktur Operasi Kartu Prakerja Hengki Sihombing. Dia menjelasakan, jika saat ini, jumlah peserta program kartu prakerja gelombang 1-9 sebanyak 5,48 juta, ada sekira 200 ribu orang lagi yang bisa berkesempatan untuk menjadi peserta kartu prakerja.

“Berarti nanti kita di batch 10, kita bisa menerima sekitar 200.000 peserta,” jelas Hengki dalam acara Power Lunch CNBC Indonesia TV, Senin (21/9/2020).

Kendati demikian, jika dihitung lebih detil lagi, sisa kuota yang akan dibuka pada gelombang 10, kemungkinan hanya akan menerima kurang lebih 120 ribu orang.

Kemudian, apabila Komite Prakerja memutuskan untuk menarik peserta baru, yang berasal dari 180 ribu orang, yang sebelumnya merupakan peserta gelombang 1-4 yang ditarik kepesertaannya. Maka kemungkinan masih ada kuota kurang lebih 300 ribu peserta.

Bagi kalian yang ingin mendaftar menjadi peserta program Kartu Prakerja, pastikan kamu adalah Warga Negara Indonesia (WNI), berusia 18 tahun, tidak sedang sekolah/kuliah, dan belum pernah menerima bantuan sosial pemerintah.

Baca Juga:   Mahfud Minta Pengunjuk Rasa Waspadai Penyusup

Berikut cara mendaftar menjadi peserta Kartu Prakerja:
1. Membuat akun dengan mengakses situs http://www.prakerja.go.id, dan pilih opsi mendaftar
2. Isi formulir pendaftaran seperti nama lengkap, e-mail yang masih aktif dan kata sandi baru
3. Secara otomatis akan masuk di kotak masuk (Inbox) e-mail calon pendaftar berupa link untu mengkonfirmasi e-mail.
4. Setelah meng-klik konfirmasi e-mail, maka e-mail sudah terdaftar dan akan kembali ke situs http://www.prakerja.go.id untuk melanjutkan pendaftaran.
5. Isi formulir pendaftaran (nama, e-mail, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP dan foto selfie dengan KTP)
6. Masukkan nomor telepon yang masih aktif dan kode OTP akan dikirim melalui SMS
7. Calon peserta akan melakukan tes motivasi dan kemampuan dasar kurang lebih selama 15 menit
8. Jika lolos akan ada pemberitahuan dari Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja melalui e-mail. Peserta pun akan diminta untuk mengisi nomer rekening atau e-wallet untuk kemduian diproses agar bisa mengikuti pelatihan dan mendapatkan insentif.

Source: CNBC Indonesia

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password