Paket Bansos Beras Tahap 2 di KBB Mulai Disalurkan Hari Ini

Penyaluran bansos beras tahap II, di Desa Giri Asih, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Senin 21 September 2020/ Bosscha.id

Bosscha.id– Sebanyak 76.198 Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) di Kabupaten Bandung Barat mendapatkan bantuan sosial tahap II dari Kementerian Sosial RI melalui Dinas Sosial (Dinsos) dan Bulog.

“Per hari ini akan didistribusikan kepada 3.153 KPM di 7 desa di 2 kecamatan. Masing-masing KPM akan mendapatkan paket 15 kilogram beras,” kata Kepala Dinsos Kabupaten Bandung Barat, Heri Partomo saat penyaluran bantuan di Desa Giri Asih, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Senin 21 September 2020. 

Heri mengatakan, penyalurannya akan dilakukan secara bertahap mulai hari ini ke 53 titik distribusi di 7 desa yang ada di Kecamatan Batujajar dan Padalarang. 

Menurutnya, sebagaimana kebijakan dari Kemensos, bantuan beras tahap II memang disalurkan untuk 76.198 KPM yang ada di Kabupaten Bandung Barat. 

“Jadi KPM PKH yang mendapat bantuan ini masuk data lama pada Juli jumlahnya ada sekitar 76 ribu KPM. Sementara sampai dengan sekarang data KPM itu sudah 86 ribu. Sudah ada KPM baru,” ujar Heri 

Heri menyebut, untuk tahap II ini penyaluran akan dilakukan sekaligus untuk bantuan Agustus dan September. 

“Harusnya Agustus dan September, tapi kebijakan dari Kementerian baru turun bulan September, jadi bulan ini masing-masing KPM dapat langsung 2 paket berarti total 30 kilogram,” jelasnya. 

Bosscha.id

Sesuai pedoman umum, lanjut dia, seharusnya pendistribusian langsung ke rumah KPM. Tapi karena memang kemungkinan kesulitan di lapangan, akhirnya meminta bantuan pendamping PKH, agar nanti KPM dikumpulkan di ketua kelompok.

Baca Juga:   Polisi Tangkap Penanam Ganja di Bandung Beli Bibit dari AS

“Distribusinya di ketua kelompok. Anggotanya mengambil di ketua kelompok masing-masing,” ucapnya.

Wakil Pimipinan Cabang Bulog Bandung, Yuliani Alzam memastikan beras yang disalurkan sudah melalui proses lagi untuk memastikan kelayakannya. Bahkan Bulog dan Dinsos pun sudah melakukan uji tanak.

“Untuk kuota Kabupaten Bandung sekitar 76 ribu total keseluruhannya. Per hari ini sekitar 3 ribu sekian yang disalurkan menggunakan 9 truk. Satu truk mengangkut 10 ton beras, berarti total 9 truk itu 90 ton disalurkan,” jelasnya. 

Bosscha.id

Ia menyebutkan target penyaluran tahap II ini Agustus, September, Oktober. Adapun pendistribusian beras oleh PT. Bhanda Ghara Reksa (BGR) sampai ke KPM.

“Nanti distribusinya ada yang di desa, Ketua kelompok, beragam nanti ada titik kumpul yang sudah ditentukan PKH. Agar memastikan sampai ke penerima,” kata Yuliani.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password