Krisis Regenerasi, Pemkab Bandung Barat Ajak Kaum Muda Jadi Petani Milenial

Kabupaten Bandung Barat krisis regenerasi petani/ Bosscha.id

Bosscha.id– Generasi milenial di Kabupaten Bandung Barat didorong untuk berwirausaha di bidang pertanian. Hal itu penting untuk mengatasi laju penurunan jumlah petani di era revolusi industri 4.0.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bandung Barat, Heru Budi Purnomo mengatakan, dengan semangat gerakan para pemuda untuk terjun ke dunia pertanian diharapkan sektor pertanian di KBB bisa lebih maju. 

“Kami sekarang berupaya bagaimana menciptakan regenerasi petani muda agar mau terlibat dan terjun langsung di sektor pertanian ini. Dengan inovasi program yang ada, kami akan dorong itu,” kata Heru kepada Bosscha.id, Senin 14 September 2020.

Heru optimis inovasi dan kreativitas para pemuda mampu bersaing di era revolusi industri 4.0. Apalagi di era digital ini menurutnya beberapa petani muda di KBB ada yang sukses menggeluti bidang pertanian. 

“Sebetulnya beberapa petani muda kini sudah banyak muncul. Misalnya, petani muda yang menggeluti sektor pertanian di bidang holtikultura seperti kaktus, sayuran dan buncis. Mereka sudah berkembang dengan menciptakan aplikasi jual sayuran online,” terangya.

Baca Juga:   Sejarah 22 Oktober: Peringatan Hari Santri Nasional, Bermula dari Resolusi Jihad Kaum Sarungan
Infografis Bosscha.id

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2017-2018 terjadi penurunan jumlah petani muda sebanyak 415 ribu petani.

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna sebelumnya mengajak milenial di KBB untuk menekuni bidang pertanian. Terlebih, di era digital saat ini, peluang ekonomi dari sektor pertaniaan memiliki potensi cukup besar.

“Tak perlu malu atau gengsi untuk anak milenial menjadi petani. Menjadi petani merupakan penyumbang besar terhadap perekonomian kita. Dengan bertani, saya yakin angka pengangguran dan kemiskinan akan menurun,” kata orang nomor satu di Bandung Barat ini.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password