Komitmen Disnakertrans KBB Serap Pekerja Lokal Saat Pandemi Covid-19

Foto: Pixabay

Bosscha.id– Jumlah Tenaga Asing (TKA) yang bekerja di Kabupaten Bandung Barat (KBB) tahun ini cenderung menurun. Ini akibat dampak virus Corona atau Covid-19 dan pembatasan wilayah (lockdown) yang menghambat aktivitas sosial dan ekonomi di berbagai wilayah.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) KBB Iing Solihin menyebutkan jumlah tenaga asing di KBB kini mencapai 264 orang. Jika dibandingkan sebelumnya angka TKA jauh berbeda yang mencapai 670 orang.

“Ini imbas pandemi Covid-19 sehingga para TKA tidak bisa masuk lagi ke Indonesia. Adapun data dari Januari sampai September, total hanya 264 orang yang melakukan perpanjangan izin bekerja,” kata Iing kepada Bosscha.id, Jumat 4 September 2020.

Dengan menurunnya jumlah TKA, Iing menyarankan khususnya pihak Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) agar lebih memprioritaskan tenaga kerja lokal. Penyerapan tenaga ahli lokal diharapkan dapat membantu mengatasi pengganguran di tengah pandemi Covid-19.

“Tenaga ahli lokal bisa menjadi alternatif untuk membantu pengerjaan proyek apabila sekarang TKA belum bisa masuk ke Indonesia. Karena positifnya, ini bisa membantu mengurangi pengangguran di saat pandemi seperti sekarang,” ujar Iing. 

Infografis: Bosscha.id

Lebi lanjut Iing mengatakan, di KBB saat ini masih didominasi TKA asal Tiongkok Cina yang bekerja di proyek  KCIC. Kemudian TKA lainnya berasal dari Korea Selatan dan Canada.

‘Untuk TKA asal Korsel mereka bekerja di sektor garmen dan tekstil. Sedangkan TKA asal Canada bekerja sebagai guru. Sejauh ini TKA asal Tiongkok yang bekerja di proyek KCIC yang paling banyak, dengan jumlah 215 orang,” bebernya.

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna sebelumnya tidak menginginkan ada TKA baru masuk ke KBB di tengah pandemi Covid-19.  Langkah itu guna memutus mata rantai penularan virus Covid-19

“Jangan lah! Pekerja dari luar jangan dulu masuk (KBB). Kita aja yang di sini harus hati-hati apalagi datang tenaga kerja asing lagi,” kata Aa Umbara.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password