Sempat Mangkrak, Pembangunan Depo Arsip KBB Bakal Dilanjutkan Tahun Ini

Sempat mangkrak cukup lama, pembangunan Depo Arsip Pemkab Bandung Barat rencananya akan dilanjutkan kembali pada 2020 ini. Foto: Anshar Mohamad/Bosscha.id

Bosscha.id- Pemerintah Kabupaten Bandung Barat akan melanjutkan kembali pembangunan Depo Arsip yang sempat mangkrak beberapa tahun terakhir. Rencananya, anggaran Rp 760 juta disiapkan untuk menyelsaikan pembangunan lantai 2 dari target 4 lantai.

“Pembangunan Depo Arsip tersisa 38 persen lagi. Tahun ini kita targetkan untuk bisa melanjutkan kembali pembangunan,” kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Disarpus) KBB, Avira Nurfashihah, kepada Bosscha.id, Selasa, 1 September 2020.

Seperti diketahui, pembangunan depo arsip tersebut dimulai pada 2017 dan sudah menelan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Rp 3,5 miliar. Rencananya, gedung tersebut akan dibangun 4 lantai dengan luas bangunan 1.530 meter persegi, sedangkan luas tanah 800 meter persegi.

“Di tahun ini, pembangunan akan dikerjakan menggunakan APBD Perubahan 2020. Total dibutuhkan anggaran Rp 760 juta khusus untuk pengerjaan lantai 2,” ujar Avira.

Adapun menurut Avira, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Unit Lelang Pengadaan (ULP) Pemkab Bandung Badung Barat untuk segera dilelangkan proyek tersebut.

“Kami kemarin sudah rapat awal dan persiapan dengan bagian ULP. Kita sampaikan ke ULP proyek ini segera dilakukan tender lelang tanpa anggaran,” ungkapnya.

Baca Juga:   Demokrat KBB: KLB Demokrat di Sumut Ilegal!
Masih belum rampungnya pembangunan Depo Arsip membuat sejumlah gambar harus tercecer .Foto Anshar Mohamad/ Bosscha.id

Depo arsip merupakan tempat penyimpanan dokumen penting dengan beragam format, mulai dari tekstual, gambar statis, gambar bergerak dan dalam beragam media kertas foto serta digital. 

Avira mengatakan pembangunan Depo Arsip mendesak harus dilakukan. Alasannya, banyak arsip-arsip sejarah Bandung Barat yang harus ditata dan di dokumentasikan dengan baik.

“Pengelolaan arsip ini sangat penting.  Oleh karena itu, kita ingin Depo Arsip ini segera rampung,” tuturnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password