Catat, Ini Cara Dapat Kuota Gratis Belajar Online

Istimewa

Bosscha.id– Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan kerjasama dengan operator seluler untuk memudahkan akses pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Melansir dari detikINET ada tiga operator seluler, yaitu XL Axiata, Indosat Ooredoo, dan Hutchison 3 Indonesia (Tri) berikan kuota gratis untuk pelajar. Berikut cara mendapatkan kuota gratis dari operator seluler:


1. XL Axiata

Pelanggan XL yang mendapatkan program kuota gratis hanya bagi pelanggan kartu Axis sebesar 30 GB. Kuota data gratis pelanggan XL tersebut dibagi ke dalam dua paket, yaitu 15 GB untuk kuota conference yang bisa dipakai mengakses aplikasi belajar online, seperti Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, serta Google Classroom.

Sementara, sisa 15 GB lagi yang merupakan Kuota Edukasi diperuntukkan mengakses aplikasi-aplikasi yang menyediakan bahan pendukung pelajaran, misalnya Udemy, Ruangguru, Zenius, dan Sekolahmu. Kuota ini juga bisa dipergunakan untuk mendapatkan materi belajar yang disediakan Rumah Belajar Kemendikbud di website belajar.kemendikbud.go.id dan Spada Indonesia Kemendikbud di spada.kemdikbud.go.id atau lmsspada.kemdikbud.go.id.



2. Hutchison 3 Indonesia (Tri)

Tri menyediakan kuota data total 30 GB yang gratis untuk siswa, guru, mahasiswa, dan dosen. Kuota data gratis ini bisa dinikmati pelanggan baru maupun lama. Data gratis 30 GB ini terdiri dari kuota 10 GB untuk mengakses semua aplikasi, sedangkan 20 GB merupakan kuota pelajar yang sebagai penunjang saat mengunjungi aplikasi dari Ruangguru, Edmodo, Zenius, dan Google Classroom dalam 24 jam selama 30 hari.

Adapun kuota data gratis Tri tersebut akan diberikan pada bulan pertama. Sementara untuk bulan ke-2 sampai ke-3 ada cashback sebesar 20% setiap isi ulang pulsa selama periode September – Desember 2020 atau sesuai dengan periode pengadaan bantuan kuota internet dari Kemendikbud.

Untuk mendapatkan paket internet ini, pelanggan hanya perlu mengaktifkan dan mendaftarkan kartu Tri sebelum tanggal 31 Agustus 2020 melalui pendataan di sekolah ataupun universitas. Kuota 30 GB dari Tri akan diberikan saat bantuan kuota internet dari Kemendikbud telah diaktifkan.

3. Indosat Ooredoo

Merespon pembelajaran jarak jauh saat ini Indosat menyediakan layanan-layanan telekomunikasi, seperti paket IMClass yang bisa dimanfaatkan pelajar sebesar 30 GB untuk kebutuhan belajar online dengan mengakses, Ruangguru, Quipper, Sekolahmu, Rumah Belajar. IMClass juga memberikan bebas akses ke lebih dari 300 platform e-Learning dan situs resmi dari universitas-universitas di Tanah Air.

Selain itu, Indosat pun menyediakan paket Pro Freedom Apps untuk partisipasi dalam kelas online tanpa dipungut kuota alias gratis saat pelanggan mengakses Cisco Webex, Zoom, dan Microsoft Teams. Namun sayangnya, Indosat tidak menjelaskan besaran kuota data yang digratiskan untuk pelanggannya untuk belajar online.

4. Telkomsel

Telkomsel pada pertengahan Juli lalu bekerjasama dengan Kemendikbud dengan menghadirkan paket kuota internet 50 GB dengan harga mulai Rp 40 ribu. Untuk mengaktivasi paket ini, bisa lewat aplikasi MyTelkomsel atau mengetik di smartphone kalian *168#.

Tidak semua orang bisa mengaktivasi paket data satu ini secara langsung. Sebab, Telkomsel akan memilah terlebih dahulu dengan melihat daftar nomor yang sudah terdaftar di whitelist.

Baca Juga:   Dosen UI laporkan Politikus PKS ke Bareskrim Polri

Source: CNBC Indonesia

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password