Harta Orang Terkaya Dunia Ini Nambah Rp 105 T dalam Semalam

Jeff Bezos. ©REUTERS

Bosshca.id– Jumlah Kekayaan Jeff Bezos mencapai rekor sepanjang masa. Pada penutupan perdagangan saham Selasa (18/8/2020), kekayaan pendiri dan CEO Amazon ini mencapai US$197,8 miliar atau setara Rp 2.934 triliun dan menjadi orang terkaya di dunia.

Melansir CNBC Indonesia kekayaan tertinggi itu dicatat Forbes sebagai nilai tertinggi sepanjang masa dalam sejarah Forbes merilis data kekayaan miliuner selama hampir empat dekade.


Melansir Forbes, Rabu (19/8/2020), Amazon adalah saham berkinerja terbaik di S&P 500 pada hari Selasa, di mana harga sahamnya mencatat kenaikan 4,1%, mengakhiri hari dengan kapitalisasi pasar US$ 1,66 triliun. Hasilnya, Jeff Bezos, yang memiliki 11,1% saham di perusahaan, menjadi lebih kaya US$ 7,2 miliar atau setara Rp 105,12 triliun (asumsi Rp 14.600/US$).


Saat saham Amazon meningkat dalam beberapa bulan terakhir, kesenjangan antara kekayaan Jeff Bezos dan kekayaan Bill Gates, orang terkaya kedua di dunia, telah melebar menjadi US$ 83,8 miliar. 

Perbedaan kekayaan antara Jeff Bezos dan Bill Gates hampir setara dengan total kekayaan Elon Musk (Bos Tesla), yang sekarang menjadi orang terkaya keempat di dunia, dengan kekayaan bersih US$ 85,6 miliar.Saham Tesla naik 2,8% pada hari Selasa, menyusul lonjakan 11% pada hari Senin.


Pendiri Amazon menjual sebagian sahamnya di awal tahun.Pada bulan Februari, dia menjual saham Amazon senilai US$ 1,7 miliar.Pada awal Agustus, dia menjual lagi saham senilai US$ 3,1 miliar.

Baca Juga:   Sejarah 19 September: Rapat Raksasa Ikada dan Pidato Bung Karno yang Membakar Semangat

Dokumen yang diajukan ke Securities Exchange Commission pada hari Selasa juga menunjukkan bahwa Jeff Bezos memberikan 2.941 saham Amazon pada 14 Agustus senilai US$ 9,3 juta kepada sebuah organisasi nirlaba yang dirahasiakan.

Mantan istri Jeff Bezos, Mackenzie Scott, yang menerima seperempat dari saham Amazon sebagai bagian dari harta gono-gini perceraian mereka tahun lalu, juga mengalami peningkatan kekayaan bersihnya.

Pada akhir perdagangan hari Selasa, Mackenzie Scott memiliki kekayaan bersih US$ 62,7 miliar, naik US$ 2 miliar dalam sehari.  Scott mengumumkan pada bulan Juli bahwa dia telah memberikan hampir US$ 1,7 miliar kepada 116 organisasi nirlaba di seluruh negeri.

Source: CNBC Indonesia

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password