Bupati Aa Umbara Ingin IKEA Bantu Pasarkan Produk Lokal KBB

Peletakan Batu Pertama IKEA di KBB
Acara peletakan batu pertama (ground breaking) sebagai tanda dimulainya pembangunan gerai IKEA di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung Barat, Kamis (28/3/2019). Dok: Bosscha.id

Bosscha.id– Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna berharap perusahaan penyedia produk furnitur asal Swedia, IKEA untuk ikut membantu memasarkan produk lokal asal KBB. Hal itu sebagai langkah meningkatkan kualitas furnitur lokal agar bisa berdaya saing. 

“Dan sudah kita sampaikan, dan nantinya akan diberikan space khusus untuk UMKM lokal KBB memasarkan produk mereka. Jadinya kan bisa meningkatkan kualitas,” kata Aa Umbara, Rabu 19, Agustus 2020.

Aa Umbara mengatakan adanya kolaborasi IKEA dengan pengrajin lokal diharapkan mampu mendongkrak ekonomi sektor UMKM KBB.

Selain itu, orang nomor satu di Bandung Barat itu berharap IKEA dapat menyerap tenaga kerja lokal. 

“Sudah dibicarakan soal penyerapan tenaga kerja, jadi 2021 nanti IKEA bakal menyerap 300 orang warga lokal yang diutamakan untuk desa di sekitar Kota Baru Parahyangan,” ujarnya.

Infografis Perjalanan IKEA dari Swedia Sampai ke Bandung Barat
Infografis Bosscha.id

Lebih lanjut Aa Umbara mengingatkan agar masyarakat di KBB yang hendak bekerja di IKEA agar meningkatkan kualifikasi agar sesuai dengan yang dibutuhkan. 

“Meskipun sudah ada jatahnya untuk tenaga kerja lokal, tapi kan kualifikasi harus disesuaikan. Jangan terlalu mengandalkan jatah tanpa berusaha,” bebernya. 

Diva Yohana, Store Manager IKEA Bandung mengatakan, pihaknya memastikan bakal menyerap sekitar 300 tenaga kerja dari tiga desa sesuai komitmen bersama Pemerintah Kabupaten Bandung Barat.

“Kurang lebih 300 karyawan yang akan kita rekrut di IKEA Kota Baru Parahyangan. Basicly background-nya retail atau warehouse. Intinya banyak keahlian yang akan kita serap,” ucapnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password