Mengenal Ken Kutaragi, Pencipta Playstation

Ken Kutaragi (Dok.Istimewa)

Bosscha.id – Siapa yang tak kenal dengan Playstation, sebagai salah satu konsol game yang diproduksi oleh Sony Corporate, paling laris di dunia. Namun tahukah kamu, dibalik kisah penemuan Playstation tersebut, orang yang menciptakannya hampir dipecat akibat mencoba menciptakan Playstation.

Ken Kutaragi, ialah orang yang berhasil menciptakan Playstation yang hingga kini banyak digandrungi oleh ratusan juta orang di seluruh dunia. Ken Kutaragi pun mendadak bersinar setelah sukses meluncurkan PlayStation. Di saat yang bersamaan pula, Sony Corporate mengalami kemerosotan profit perusahaannya

Sehingga bisa dikatakan momen kelahiran PlayStation itu, menjadi angin segar bagi perusahaan game terbesar seperti Sony yang kala itu mengalami keterpurukan. Seperti yang telah disebutkan di atas, ada kisah menarik pada saat “Si Bapak Playstation” ini sedang membangun konsul game ini. Ia hampir saja dipecat dari pekerjaan karena ketahuan sedang menciptakan Playstation.

Pada akhir tahun 1980-an, pria kelahiran Tokyo, Jepang 8 Agustus 1950 ini tengah menyaksikan saudara perempuannya yang sedang memainkan Famicom, yakni konsol game keluaran Nintendo. Sejak saat itu, Kutaragi termotivasi untuk membuat konsul game sendiri. Kutaragi pun mengutarakan keinginannya itu kepada perusahaan.

Sayang, saat itu eksekutif Sony kurang tertarik kepada idenya. Semangat Kutaragi yang membuncah untuk menciptakan video games pun bertepuk sebelah tangan. Lalu, Nintendo kala itu menginginkan bantuan Sony untuk membuat wave-table sound chip untuk SNES, Kutaragi pun langsung menerimanya.

Walaupun telah bekerja sama dengan Nintendo, namun Sony kala itu masih belum tertarik terhadap video game. Namun, Kutaragi masih dapat dana untuk mengembangkan Super NES CD yang akhirnya menjadi konsol besutan Sony sendiri yaitu PlayStation.

Saat Nintendo memintanya untuk menciptakan sebuah chip, Kutaragi tak kuasa menolak. Secara diam-diam, Kutaragi mengerjakan proyek rahasia untuk Nintendo.  Bekerja secara rahasia, Kutaragi pun mendesain dan membangun chip, SPC700.

Baca Juga:   Sejarah 21 September: Liam Gallagher, Rockstar ‘Bermulut Besar’ yang Menolak Pudar

Ketika mengetahui apa yang dikerjakan Ken Kutaragi, Direksi Eksekutif Sony ketika itu pun sangat marah setelah mengetahui bawahannya ada yang diam0diam mengerjakan proyek bersama Nintendo. Namun Norio Ohga, yang kala itu menjabat sebagai CEO Sony malah merestui apa yang dilakukan Ken Kutaragi tersebut. Ken Kutaragi nyaris dipecat. Seandainya Norio Ohga, tidak turun tangan, mungkin ia sudah tidak bekerja di Sony. Norio kemudian meminta Kutaragi menyelesaikan tugas sampingannya itu.

Mendapat dukungan dari CEO Sony saat itu, Kutaragi terus meminta Sony membiayai riset pembuatan Super NES CD – teknologi yang diaplikasi untuk PlayStation. Saat ambisi itu diragukan kalangan eksukutif Sony, sekali lagi Norio Ohga mendukungnya.

Lalu setelah bertahun-tahun melakukan riset, akhirnya Playstation diluncurkan perdana di Jepang pada 3 Desember 1994, kemudian dirilis di Amerika Serikat pada 9 September 1995 dan di Eropa pada 29 September 1995.

Tak disangka Playstation laris manis di pasaran, suksesnya penjualan playstation itu pula yang kemudian mengantarkan Kutaragi menjadi Presiden Sony Computer Entertainment pada 1997. Dan terhitung hingga Mei 2004 saja, Sony telah memproduksi lebih dari 100 juta Playstation.

Hingga kini Playstation tercatat sebagai konsol game paling laris di dunia dengan ribuan game yang dapat dimainkan. Playstation pun berhasil mengalahkan konsol game XBox milik Microsoft serta Nintendo.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password