Ternyata 5 Makanan Ini Masih Bisa Dikonsumsi Walau Sudah Kadaluwarsa

Shutterstock

Bosscha.id – Sering kali kita khawatir jika tak sengaja mengonsumsi makanan kedaluwarsa karena tidak memperhatikan tanggal pada kemasan. Selain itu, kita juga menjadi lebih sering membuang makanan atau minuman yang belum habis, tapi sudah mencapai tanggal kedaluwarsa.

Hal tersebut wajar terjadi karena beberapa orang mungkin masih khawatir jika keracunan atau menderita suatu penyakit akibat mengonsumsi makanan atau minuman yang sudah kedaluwarsa. Namun ternyata, menurut Paul VanLandingham, anggota senior dari Pusat Manajemen Makanan dan Minuman dari Universitas Johnson & Wales dalam wawancaranya di WebMD, tanggal tersebut merujuk pada kualitas makanan, ketimbang keamanannya.

Bahkan, ada beberapa jenis makanan yang masih aman dikonsumsi, meski sudah lewat tanggal kedaluwarsanya. Asal dengan catatan, cara menyimpannya benar, dan minim kontaminasi.  Lalu apa saja makanan yang masih aman dikonsumsi walau sudah kadaluwarsa?, berikut ini ulasan lengkapnya.

Pasta Kering

Dilansir dari FoodSafety.gov, situs keamanan makanan milik Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat Amerika Serikat, pasta yang belum dimasak, atau masih dalam keadaan kering bisa disimpan selama satu sampai dua tahun setelah tanggal kedaluwarsanya.

Namun berbeda dengan pasta segar yang juga belum dimasak (biasanya disimpan dalam kulkas, berada di samping produk-produk keju di supermarket), masih aman disantap empat sampai lima hari setelah tanggal kedaluwarsa. Kalau dibekukan, masa simpannya bisa lebih lama lagi; sekitar enam sampai delapan bulan.

Beda lagi dengan pasta yang sudah dimasak. Selama belum bersentuhan dengan saus atau bahan lainnya, makanan ini cuma bertahan selama tujuh hari di dalam kulkas, dan enam sampai delapan bulan dalam freezer.

Sereal

Seperti dilansir Insider, saat kemasan belum dibuka, sereal bisa bertahan selama enam hingga delapan bulan melewati tanggal kedaluwarsanya. Tapi, jika kemasan sudah dibuka, kesegarannya hanya akan bertahan selama empat atau enam bulan saja.

Sebab, sereal tak benar-benar membusuk. Tak akan ada masalah serius terkait kualitasnya. Saat kita membiarkan kotaknya terbuka, teksturnya mungkin akan mengeras, tapi kita tak akan mengalami keracunan ketika menyantapnya.

Baca Juga:   Sejarah 22 September: Dimulainya Pertempuran Iran Vs Irak, Perang Terpanjang Abad 20

Ikan Mentah

Berdasarkan Eat by Date, ikan mentah bisa bertahan lebih lama –sekitar enam sampai sembilan bulan– kalau dibekukan. Jenis ikan yang sudah diasap juga dapat disantap sampai tiga atau enam bulan setelahnya, bila disimpan dalam freezer.

Sementara, ikan kalengan yang masih tersegel (seperti tuna), masih bisa dikonsumsi dalam jangka waktu dua dan lima tahun setelah tanggal kedaluwarsanya.

Keju

Banyak jenis keju yang masih aman dikonsumsi bahkan setelah melewati tanggal kedaluwarsa. Keju dengan tekstur keras masih boleh dimakan 6 minggu setelah tanggal kedaluwarsa jika disimpan di lemari pendingin.

Namun pastikan Anda membuang bagian-bagian yang terlihat berjamur. Sementara untuk jenis keju yang lembut, seperti camembert dan brie, dapat dikonsumsi setidaknya 1 minggu setelah tanggal kedaluwarsa jika kemasannya belum dibuka. Jika keju sudah terpapar udara, maka akan lebih cepat basi dan tidak lagi aman dimakan jika sudah ada jamur yang terlihat karena mungkin telah terpapar bakteri E.Coli.

Biskuit

Biskuit telah mengalami proses pengeringan yang cukup tinggi sehingga aman untuk dikonsumsi lebih lama dari tanggal kadaluwarsanya. Apabila biskuit ini menjadi lembek dan berair, kita dapat mengakalinya dengan membakar ke dalam oven hingga menjadi kering kembali. Biskuit bahkan bisa dimakan hingga dua bulan setelah tanggal best-before.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password