Sekolah di KBB Siap Gelar Belajar Tatap Muka?

Istimewa

Bosscha.id– Sejumlah sekolah jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Bandung Barat siap menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka di tengah pandemi Covid-19 dengan menaati protokol kesehatan.

“Pembelajaran tatap muka berdasar instruksi dari Gubernur, berlaku untuk jenjang pndidikan SMA/SMK dulu. Baru nanti SMP kemudian SD,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan KBB, Asep Dendih, saat dihubungi, Ahad 2 Agustus, 2020.

Menurut Asep, pemberlakuan KBM secara tatap muka didasari pada Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri) tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran tahun ajaran 2020/2021 pada masa pandemi Covid-19.

“Keputusan itu menyatakan bahwa wilayah dengan zona hijau diperbolehkan menggelar pembelajaran tatap muka termasuk di wilayah KBB,” ungkapnya.

Infografis Bosscha.id

Ia menjelaskan, penerapan pembelajaran tatap muka secara bertahap dimulai dari jenjang pendidikan SMA itu untuk mencegah penularan Covid-19 di tingkat siswa PAUD, SD, dan SMP. 

“Untuk PAUD, SD dan SMP belajar secara tatap muka memang riskan, karena tingkat kesadaran menjaga protokol kesehatan masih kurang dibandingkan siswa SMA,” katanya. 

Baca Juga:   Dosen UI laporkan Politikus PKS ke Bareskrim Polri

Adapun Asep menjamin sekolah baik itu jenjang SMA dan SMP di KBB sudah siap jika diberlakukan pembelajaran tatap muka sekarang. 

Pada saat pembelajaran tatap muka berlaku nanti, konsepnya tidak sama seperti pembelajaran di era normal. Sekolah nantinya harus menerapkan sistem sif atau bergiliran. Sebab, maksimal siswa yang boleh berada di dalam kelas hanya 18 orang.

“Masuk kelas nantinya hanya boleh 18 orang. Itu juga belajarnya hanya 4 jam. Misalnya sif satunya pagi, maka sif duanya siang. Atau mungkin shift 1 hari ini daring, shift 2 luring. Nanti mekanisme itu akan diatur,” paparnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password