Kangen Piknik?, Simak Tips Liburan Aman di Era New Normal Berikut Ini

Ilustrasi : Frans

Bosscha.id – Hampir semua lini terpukul akibat dari pandemi virus corona ini, tak terkecuali sektor pariwisata. Banyak berbagai destinasi wisata terpaksa harus tutup bahkan sampai ada yang gulung tikar, karena efek dari pandemi ini.

Seruan untuk social distancing dan menghindari kerumunan massa tentu menjadi pemicu utama lesunya sektor pariwisata. Namun beberapa waktu kebelakang, wacana New Normal atau adaptasi kebiasaan baru (AKB) tentu menjadi angin segar bagi para pelaku bisnis pariwisata.

Tak hanya bagi para pelaku bisnis saja, bagi masyarakat pun wacana ini pun seakan menjadi pelipur lara. Pasalnya, setelah sekian lama berbagai aktivitas dilakukan di rumah kini bisa dilakukan di luar rumah. Bagi para pekerja yang selama PSBB kemarin sementara harus diliburkan pun mulai kembali beraktivitas.

Begitu pula bagi Anda yang sudah tak sabar untuk berlibur, tentu hal ini pun saat dinanti. Walau penerapannya masih bertahap, karena di beberapa daerah yang masih berstatus zona merah, namun bagi daerah yang sudah berstatus zona hijau momen liburan akan dapat kita nikmati lagi. Meski demikian, ada beberapa hal yang harus dilakukan karena pandemi COVID-19 belum benar-benar berakhir. Jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Lalu hal apa sajakah yang harus dilakukan agar liburan kita bisa berjalan aman dan nyaman. Berikut ini tips aman liburan di era new normal:

Tubuh Harus Dalam Kondisi Sehat

Sebelum berlibur pastikan terlebih dahulu bahwa tubuh Anda dalam kondisi sehat. Jangan sampai tubuh mengalami gangguan kesehatan saat bepergian ke tempat wisata. Sebelum berangkat liburan, alangkah baiknya jika melihat kesiapan kondisi tubuh terlebih dahulu.

Jika perlu, Anda bisa mengikuti rapid test atau swab secara mandiri. Hasil tes ini nantinya bisa Anda bawa saat liburan untuk berjaga-jaga. Apalagi ada beberapa destinasi wisata yang mewajibkan pengunjung untuk membawa surat bebas COVID-19.

Tentukan Destinasi Wisata yang Aman

Selama kasus Virus Corona Covid-19 ini belum menunjukkan penurunan yang berarti, sebaiknya Anda pilih daerah liburan atau destinasi wisata yang tidak terlalu berdampak Covid-19 atau zona hijau. Dengan memilih tempat wisata atau liburan di destinasi wisata yang berada di zona hijau, itu dapat menurunkan risiko terpapar virus yang hingga kini belum ada vaksinnya itu.

Usahakan Untuk Solo Traveling atau Staycation

Sebelum pandemi virus corona, tentu kita sering liburan bersama keluarga, dalam situasi pandemi seperti saat ini, tidak ada salahnya Anda melakukan solo traveling  atau Anda dapat memilih staycation. Keduanya dapat mengurangi kontak fisik dengan orang lain. Anda bisa memilih staycation bersama pasangan atau keluarga inti di hotel atau villa.

Gunakan Kendaraan Pribadi

Dengan menggunakan sarana transportasi milik pribadi, Anda akan terhindar dari kerumunan atau kontak fisik langsung dengan orang lain di dalam kendaraan umum. Perlu diingat, jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, pilih tempa wisata yang jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat tinggal. Hal ini untuk menghindari Anda dari kelelahan karena harus memacu kendaraan sendiri.

Bawa Selalu Hygiene Kit

Saat memasuki era new normal, hygiene kit adalah senjata dan wajib dibawa ke mana-mana.  Isi dari hygiene kit bisa berupa hand sanitizer, disinfektan spray, tisu basah, tisu kering, sabun cair, hingga masker cadangan. Dengan membawa hygiene kit, kita akan meminimalisir diri untuk terpapar virus.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password